PERANCANGAN PROSES BISNIS LOGISTIK IT TELKOM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGADAAN KEBUTUHAN BARANG DAN JASA MENGGUNAKAN CLEAN SHEET APPROACH

Ahmad Fazal Muqaddim

Informasi Dasar

112070246
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Unit Logistik IT Telkom merupakan salah satu unit di IT Telkom yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pengadaan fasilitas, barang dan jasa di IT Telkom. Seluruh proses realisasi pembelian barang dan jasa unit kerja / fakultas yang ada di IT Telkom harus melalui unit Logistik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saat ini, unit Logistik hanya fokus kepada proses operasional pengadaan barang dan jasa saja. Proses perencanaan unit Logistik bersifat pasif atau hanya menunggu pengajuan pengadaan barang/jasa dari unit kerja lain. Selain itu, barang yang akan diadakan oleh unit Logistik saat ini tidak memiliki standar spesifikasi yang ditetapkan sebelumnya, sehingga pada awal proses terdapat negosiasi spesifikasi barang yang diajukan oleh unit/ fakultas di IT Telkom yang mengakibatkan waktu proses menjadi lebih lama dan barang yang dibutuhkan user tidak dapat digunakan tepat waktu.

Penelitan Tugas Akhir ini diawali dengan mengumpulkan data existing, data benchmark dari institusi lain yang terdiri dari framework proses bisnis Logistik, struktur organisasi, visi dan misi serta sasaran mutu. Tahap selanjutnya data existing akan dianalisis dengan metode reengineering clean sheet approach yang terdiri dari brainstorming, benchmarking, dan fantasizing. Dalam merancang suatu framework proses bisnis usulan diperlukan data acuan seperti Rencana Strategis (Renstra) IT Telkom tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Hasil dari penelitian Tugas Akhir ini adalah (1) Framework proses bisnis Logistik usulan (2) Proses Bisnis Perencanaan Logistik, Tujuan dan Indikator Kinerja Perencanaan Barang.

Framework Proses Bisnis, Logistik, Reengineering, Clean Sheet Approach

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN PROSES BISNIS LOGISTIK IT TELKOM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGADAAN KEBUTUHAN BARANG DAN JASA MENGGUNAKAN CLEAN SHEET APPROACH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ahmad Fazal Muqaddim
Perorangan
Wiyono, Ir., MT; Sri Widaningrum, Ir., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini