USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS LOGISTIK DENGAN METODE REENGINEERING PADA PT. BARAMULTI SUGIH SENTOSA

MAHARDINI DEWI PUTERI UTAMI

Informasi Dasar

112050017
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Baramulti Sugih Sentosa adalah salah satu anak perusahaan dari baramulti Group, yang bertugas untuk mengolah dan mendistribusikan batubara dari anak perusahaan yang tergabung dalam Baramulti Group ( terdiri dari: PT. Sumber Kurnia Buana, PT. Antang Gunung Meratus, PT. Baradinamika Muda Sukses, dll ) yang tergabung dalam perusahaan penambang batubara swasta. Baramulti dalam Baramulti Group memiliki tugas sebagai penjual batubara kepada pelanggan eksternal.
Dalam menjalankan bisnisnya Baramulti mengalami masalah penurunan tingkat penjualan pada saat tingkat produksi meningkat. Fenomena ini dapat dilihat pada grafik dibwah ini:

Selain itu masalah yang terjadi pada Baramulti yang dirasakan oleh pelanggan eksternal adanya penurunan kualitas dari batubara senilai 10,8%.
Tahap pertama yang dilakukan dalam pendesainan proses bisnis logistik dengan metode reengineering, khususnya dengan pendekatan kertas bersih yaitu melakukan identifikasi dan analisa terhadap proses eksisting di Baramulti. Setelah itu dilakukan tahap ide kreatif dimana dalam tahap ini dapat dilalui dalam 3 tahap yaitu benchmarking, brainstorming dan fantasizing. Setelah itu dilakukan perancangan proses yang berasal dari ide kreatif, tetapi harus mempertimbangkan faktor SDM, teknologi dan proses itu sendiri (target proses). Dalam perancangan proses bisnis ini juga dianalisis dengan pendekatan proses bisnis logistik. Setelah itu dilakukan validasi dengan menggunakan simulasi.
Hasil dari pendisainan proses bisnis logistik Baramulti, dimana perbaikan proses bisnis tersebut dapat dilihat pada table dibawah ini. BPR, reengineering, Proses bisnis logistik

Subjek

LOGISTICS
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS LOGISTIK DENGAN METODE REENGINEERING PADA PT. BARAMULTI SUGIH SENTOSA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAHARDINI DEWI PUTERI UTAMI
Perorangan
SRI WIDANINGRUM, MIRA RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini