PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI (Studi Pada Pengguna Smartphone di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom)

SHAREN GIFARI

Informasi Dasar

15.04.1220
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era sekarang, teknologi sangat erat kaitannya dengan Internet. Perkembangan internet itu sangat mempengaruhi kehidupan sosial serta cara berkomunikasi seseorang. Smartphone adalah sebuah media baru dalam proses komunikasi. Smartphone tidak lagi digunakan hanya untuk media komunikasi tetapi juga mulai dipertimbangkan oleh beberapa perusahaan pembuat Smartphone untuk menjadikan sebagai media hiburan dan edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh intensitas penggunaan Smartphone terhadap perilaku komunikasi (studi pada pengguna Smartphone di kalangan mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Telkom). Yang mana penelitian ini melibatkan satu variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen yang pertama adalah intensitas penggunaan Smartphone (X). Dan variabel dependen adalah perilaku komunikasi (Y). Data primer dikumpulkan melalui metode survey terhadap 100 responden dengan menggunakan pendeketan insidental sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal dan deskriptif dengan metode penelitian yaitu metode kuantitatif kepada 100 responden yang berasal dari pengguna Smartphone. Sementara teknik analisis data yang Penulis gunakan adalah Analisis Regresi Sederhana. Penelitian ini memiliki hasil analisis deskriptif sebesar 69% untuk variabel intensitas penggunaan Smartphone, serta 77% untuk variabel perilaku komunikasi. Sehingga, hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan intensitas penggunaan Smartphone berpengaruh signifikan terhadap perilaku komunikasi sebesar 55,4% dan sisanya sebesar 44,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Intensitas, Smartphone, Perilaku Komunikasi

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI (Studi Pada Pengguna Smartphone di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHAREN GIFARI
Perorangan
IIS KURNIA NURHAYATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini