Pengaruh Pola Pikir, Pemahaman dan Network Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Dalam Wadah Program MOVE Yayasan Pendidikan Telkom (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom)

ANDIKA BALIPUTRA SURYAWAN

Informasi Dasar

15.04.231
338.04092
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Program MOVE (Modal Ventura) Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) merupakan sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh YPT, dalam bentuk kontribusi nyata di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmu manajemen. Tanggungjawab sosial perusahaan tersebut diberikan dalam berbagai bentuk. Seiring tren budaya dan pergerakan entrepreneurship pada generasi muda Indonesia, CSR diberikan kepada mahasiswa dibawah naungan YPT yang berwirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi besarnya pengaruh Pola Pikir, Pemahaman dan Network terhadap Minat Berwirausaha dalam wadah program MOVE YPT. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Telkom Bandung.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kausalitas. Sampel penelitian ini sebanyak 30 orang mahasiswa FEB Universitas Telkom. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan teknik sampling isidental. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari kuesioner data karakteristik responden, pola pikir, pemahaman, network dan minat berwirausaha.
Hasil uji statistik pada mahasiswa FEB berdasarkan uji R menunjukkan hubungan yang kuat dan positif antara pola pikir, pemahaman dan network terhadap minat berwirausaha. Sementara hasil uji annova pada mahasiswa FEB diketahui bahwa F hitung lebih besar dari Ftabel dan sig F menunjukkan signifikan sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa secara simultan pola pikir, pemahaman dan network berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan uji t pada mahasiswa FEB, secara parsial implementasi tidak berpengaruh secara signifikan.
Disarankan untuk program MOVE YPT agar lebih memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan pola pikir, pemahaman dan network sehingga minat berwirausaha dapat ditingkatkan.

Kata kunci: pola pikir, pemahaman, network, minat berwirausaha

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Pengaruh Pola Pikir, Pemahaman dan Network Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Dalam Wadah Program MOVE Yayasan Pendidikan Telkom (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom)
 
75p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDIKA BALIPUTRA SURYAWAN
Perorangan
Ratna L. Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini