Game Edukasi Kebudayaan Nias Berbasis 3D

Muhammad nNor Sholihin Amin

Informasi Dasar

613080029
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kebudayaan memegang peranan penting dalam kehidupan. Semua kegiatan yang dilakukan manusia setiap hari berasal dari adanya konstruksi nilai dan budaya. Namun dengan perkembangan pesat teknologi, salah satu dampak yang ditimbulkan adalah memudarnya pengetahuan tentang kebudayaan. Oleh karena memudarnya pengatahuan kebudayaan ini, dibutuhkan alternatif dalam meneruskan pengetahuan budaya ke generasi muda. Salah satu alternatif adalah game edukasi.

Game edukasi merupakan game yang dibuat dengan tujuan mengajarkan penggunanya subjek, konsep, sejarah ataupun budaya tertentu. 3D adalah teknologi grafis yang bisa menggambarkan suatu objek dalam 3 sumbu yaitu x,y, dan z. Dengan menggunakan model 3D pada game, materi yang ditampilkan menjadi lebih natural. Pada proyek akhir ini, materi game yang diambil adalah kebudayaan Nias. Nias merupakan daerah di Indonesia yang memiliki budaya yang unik seperti Lompat Batu dan Tari Perang.Game edukasi ini bertipe third person adventure. Sasaran pengguna dari game ini adalah anak-anak dengan umur 10 tahun keatas.

Dari pengujian game pada anak-anak SD kelas empat dan lima didapatkan kesimpulan yaitu pengimplementasian game edukasi berbasis 3D dapat menambah pengetahuan kebudayaan Nias pada pengguna dan game edukasi memiliki kontrol yang sederhana, misi yang beragam, cerita yang linier dan 3 tingkat kesulitan yang semakin meningkat.Kata Kunci : game edukasi, kebudayaan, 3D, niasABSTRACT: Culture plays an important role in life. All the activities that humans do every day comes from the construction and cultural values. But with the rapid development of technology, one impact is waning knowledge of the culture. Because of this waning knowledge of the culture, alternatives are needed in the continuing cultural knowledge to younger generations. One alternative is the educational game.

Educational game is a game created with purpose of teaching users of the subject, concept, history or culture. 3D is a graphics technology that can describe an object in 3-axis, x, y, and z. By using 3D models in the game, the material is shown to be more natural. At this final project, the material of the game taken is Nias culture. Nias is an area in Indonesia, which has a unique culture such as the Lompat Batu and Tari Perang. This educational game is third person adventure-type. Target users of this game are the children of the age of 10 years or older.

From testing games on children grade four and five, conclusions obtained is the implementation of educational game based 3D can increasing knowledge on the user's Nias culture and educational game has simple controls, a variety of missions, the story is linear and the three levels of increasing difficulty.Keyword: educational games, culture, 3D, nias

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Game Edukasi Kebudayaan Nias Berbasis 3D
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad nNor Sholihin Amin
Perorangan
Agung Toto Wibowo, Mirza Akhena
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini