Aplikasi Bantu Kepersonaliaan TNI Berbasis Web<br> Studi Kasus TNI Angkatan Laut<br><br> Web-based Applications TNI Help Personnel<br> (Case Study : TNI AL)

Febrian Litha Ayu

Informasi Dasar

613070041
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Tersebarnya kantor cabang TNI AL di seluruh Indonesia menyebabkan lambatnya penyebaran data dari kantor pusat ke kantor cabang, ataupun sebaliknya. Banyaknya keluhan di anggota TNI AL dan staf personalia tentang sulitnya mengirimkan data tersebut memotivasi saya untuk membuat sebuah aplikasi bantu kepersonaliaan berbasis web. Dalam aplikasi ini, anggota TNI AL dapat mengirimkan data seputar pengajuan kenaikan pangkat dan pemutusan hubungan kerja dengan lebih cepat dan data data pun akan lebih tersimpan dengan baik.
Secara umum, proses yang terjadi di bagian personalia AL digolongkan menjadi 3 hal yaitu rekruitmen, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja. Untuk proses rekruitasi sudah ada sistem tersendiri yang menanganinya, tetapi proses pengolahan data pada pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja masih sangat manual. Salah satunya adalah pada proses pemeliharaan keanggotaan berupa kenaikan pangkat yang dimulai dari pengusulan, pengecekan, sidang, sampai pembuatan SK ( Surat Keputusan). Setiap kesatuan akan mengirimkan usulan anggota melalui pos. Setelah kelengkapan data tersebut di cek, data-data itu diinputkan ke komputer dan di print sebagai bahan sidang. Hasil sidang diinputkan kembali ke komputer untuk selanjutnya akan dibuatkan SK dan dikirim kembali ke setiap kesatuan.
Melalui aplikasi ini, proses manual tersebut akan digantikan dan pengecekan data anggota pun akan lebih akurat. Aplikasi ini akan dibuat dengan memperhatikan referensi-referensi dari pihak lain ataupun dari buku-buku yang dapat membantu pengerjaannya. Adapun software dan hardware yang akan digunakan untuk membantu pembuatan web ini seperti Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop, xampp-win32, dan komputer. Database yang akan digunakan adalah MySQL dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP.
Kata Kunci : Web, Aplikasi, Personalia, DatabeseABSTRACT: Navy branch offices spread throughout Indonesia led to the slow dissemination of data from headquarters to branch offices, or vice versa. Number of complaints on Navy members and staff personnel of the difficulty of sending data to motivate me to create a web-based HR application aids. In this application, members of the Navy to send data about the filing of a promotion and termination of employment with the data faster and more data will be stored properly.
In general, the process at the Navy personnel were classified into 3 terms of recruitment, maintenance, and termination of employment. For existing recruitment processes that handle its own system, but the process of data processing, maintenance and termination of employment is still very manual. One of them is in the process of maintaining membership in the form of promotion that starts from the proposal, checking, session, until the making of the Decree (Decree). Each unit will submit the proposed members by post. After the completeness of the data is in check, the data was input into the computer and in print as a trial. Entered the trial results back to the computer to the next will be made SK and sent back to each entity.
Through this application, the manual process will be replaced and the checking of the data member would be more accurate. This application will be made with respect to references from other parties or from the books that can help the process. The software and hardware that will be used to help make this web as Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop, xampp-win32, and computers. Database to be used is MySQL and the programming language used was PHP.
Keyword: Web, Application, Personnel, Databese

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Bantu Kepersonaliaan TNI Berbasis Web
Studi Kasus TNI Angkatan Laut

Web-based Applications TNI Help Personnel
(Case Study : TNI AL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Febrian Litha Ayu
Perorangan
Kemas Rahmat Saleh Wiharja, Bambang Pudjoatmodjo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini