Aplikasi Monitoring Gangguan Telepon Berbasis J2ME

Helio Sukriawan

Informasi Dasar

611080114
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring berkembangnya teknologi, kemajuan telekomunikasi di Indonesia juga berkembang dengan cepat. Salah satunya adalah pengguna telepon rumah. Pengguna telepon rumah dari tahun ke tahun berkembang semakin banyak. Perkembangan tersebut harus diikuti dengan berbagai pemeliharaan yang sangat memadai. Sehingga sangat membutuhkan petugas yang khusus dalam pemeliharaan jaringan telepon. Namun ketika terjadi kerusakan jaringan telepon di suatu tempat, petugas telkom mengalami kesulitan untuk mengetahui lokasi jaringan telepon yang rusak karena untuk mengetahui hal tersebut harus melihat monitoring melalui komputer yang terhubung dengan server. Jadi untuk pergi ke daerah yang sedang terjadi kerusakan jaringan telepon, petugas harus datang atau menghubungi petugas yang ada di kantor telkom.

Dalam proyek akhir ini peneliti mencoba untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan membuat suatu aplikasi bersifat mobile berbasis J2ME dengan spesifikasi minimum CLDC 1.0 dan MIDP 2.0 yang dapat mempermudah petugas memperbaiki gangguan jaringan telepon dan dalam aplikasi ini memiliki fitur seperti mengecek gangguan, laporan gangguan dari petugas dan about.

Adapun hasil yang didapat setelah merancang sistem dan mengimplementasikannya didapat hasil bahwa aplikasi ini berjalan baik 100%, website admin, dan website super admin berjalan baik 100%.Kata Kunci : J2ME, Telkom, TeleponABSTRACT: As the development of technology, advancements of telecommunications in Indonesia also developing rapidly. For the example is user of home phone. Home phone users growing from year to year more and more. The development is to be followed by a variety of maintenance is very adequate. So desperately need officers who specialized in the maintenance of telephone networks. But when there is damage tothe telephone network somewhere, telecom officers find it difficult to know the location of the telephone network is damaged due to know about it should see monitoring via a computer connected to the server. So to go into areas that are tissue damage telephone, officers must come or contact officer at Telkom offices.

In this final project researchers are trying to solve these problems by making a J2ME based mobile applications are the minimum specifications CLDC 1.0 and MIDP 2.0 which can facilitate the officer to correct the interference and the telephone network in this application has features such as interference checking, interference reports fromofficers and about.

The results obtained after designing and implementing the system we got the result that this application is running well 100%, the website admin, and the website super admin is running fine 100%.Keyword: J2ME, Telkom, Telephone

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Monitoring Gangguan Telepon Berbasis J2ME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Helio Sukriawan
Perorangan
Budhi Irawan, Purba Daru Kusuma
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini