PENGONTROLAN PERGERAKAN ROBOT TANGAN DENGAN LIMA DERAJAT KEBEBASAN BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA 8535

Made Cahyani Santhi Dewi

Informasi Dasar

611070034
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi membuat manusia untuk berpikir lebih cepat dan menghasilkan kemajuan di segala bidang. Salah satunya kemajuan pembuatan mesin sebagai pengganti tenaga manusia hingga pembuatan robot yang dapat digunakan untuk membantu manusia. Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang sudah diatur sedemikian rupa. Robot yang memiliki berbagai bentuk dan teknologi contonya robot tangan yang dikendalikan dengan suatu sistem control yang berbentuk software.

Robot yang digunakan kali ini adalah robot tangan dengan motor servo jenis AX-12. Bentuk dan cara gerak dari robot ini meniru tangan manusia. Robot ini menawarkan kemudahan bagi manusia untuk mengangkat benda yang ada disekitarnya. Pada robot tangan ini menggunakan motor servo jenis AX-12 sebagai penggeraknya. Robot ini didesain dengan tujuh motor dengan lima derajat kebebasan penggeraknya. Motor servo ini dikendalikan dengan PC yang dibantu oleh blok controller yang menggunakan mikrokontroler AVR Atmega 8535 dan rangkaian half duplex. Sehingga robot ini dapat bergerak dengan lebih mudah dan fleksibel.

Pengujian pergerakan tangan robot menggunakan software pada PC yang dibangun dengan VB.Net. lalu data diolah sedemikian rupa dan dikirim ke blok controller. Dari blok controller data akan dikirimkan ke motor servo AX-12 sehingga motor akan bergerak. Instruksi yang digunakan untuk menggerakkan robot tangan dengan motor servo AX-12 ini adalah write, reset dan sync write.Kata Kunci : robot, mikrokontroler AVR Atmega 8535, motor servo AX-12, PC, half duplex, controller, VB.NetABSTRACT: Technological development makes human to think faster and produce progress in all areas. One of them is making progress as a substitute for the human machine to manufacture a robot that can be used to help humans. Robot is a mechanical device that can perform physical tasks, using either human supervision and control, or using a program that has already been set in such a way. Robots that have various shapes and technologies contonya robot hand controlled by a control system in the form of software.

Robot used this time is robot hand with the AX-type servo motor 12. The form and manner of motion of the robot is to imitate the human hand. This robot offers convenience for people to lift objects that are nearby. In the robot hand uses servo motor type AX-12 as a driving force. This robot was designed with seven motor with five degrees of freedom of driving. Servo motor is controlled with a PC that is assisted by a controller block that uses AVR microcontroller ATmega 8535 and half duplex circuit. So that this robot can move with greater ease and flexibility.

Testing the robot hand movement using the software on a PC built with VB.Net. then the data is processed in such a manner and sent to the controller block. From block data controller will be sent to the AX-12 servo motor so the motor will move. Instructions that are used to move the robot hand with the AX-12 servo motor is write, write reset and sync.Keyword: robot, ATmega 8535 AVR microcontroller, servo motors AX-12, PC, half duplex, controllers, VB.Net

Subjek

Otomation
 

Katalog

PENGONTROLAN PERGERAKAN ROBOT TANGAN DENGAN LIMA DERAJAT KEBEBASAN BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA 8535
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Made Cahyani Santhi Dewi
Perorangan
M. Ary Murti, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini