Opinion Retrieval dengan Pendeteksian Kualitas Review menggunakan Support Vector Machines (Studi Kasus Review Produk)

Muhammad Rizky Ramadhan

Informasi Dasar

113090084
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Media online seperti website saat ini berkembang sangat pesat di berbagai kalangan. Website juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan review dari produk yang ada di pasaran. Dari hal inilah, opinion retrieval dapat dijadikan cara untuk mencari opini-opini yang sesuai dengan kebutuhan user untuk mendapatkan feedback terkait dengan produk yang ingin mereka cari. Namun tidak semua review produk yang ada memiliki kualitas yang bagus, seperti deskripsi produk yang kurang lengkap, tidak spesifik, informasi yang disampaikan tidak akurat, atau tidak membahas fitur dari produk.

Pada Tugas Akhir ini, koleksi dokumen review produk terlebih dahulu diklasifikasikan kedalam suatu kategori atau kelas yaitu best review atau bad review, kemudian diimplementasikan opinion retrieval untuk menemukan opini sesuai inputan user. Metode yang digunakan dalam pengklasifikasian suatu review adalah Support Vector Machine (SVM) dengan Gaussian Kernel. SVM dipilih karena telah terbukti kehandalannya dalam melakukan klasifikasi terhadap data berupa teks yang memiliki dimensi yang tinggi. Hasil dari klasifikasi review tersebut dimasukkan kedalam pembobotan nilai untuk menghitung skor akhir dokumen dalam melakukan ranking.

Berdasarkan hasil pengujian, metode SVM dapat mengklasifikasikan suatu review dengan baik dan dengan rata-rata akurasi diatas 90%. Hasil perangkingan dengan menambahkan skor klasifikasi review juga dapat diimplementasikan.Kata Kunci : opinion retrieval, Support Vector Machine, SVMABSTRACT: Online media such as website nowadays is growing rapidly in various circles. Website can also be used as a media to write a review of the product on the market. From that point, opinion retrieval can be used as a technique to get relevant opinions to obtain feedback related to the product that user want to search. But not all the existing reviews of products have good quality, such as incomplete product descriptions, not specific, the information submitted is not accurate, or does not discuss the features of the product.

In this final project, collections of product reviews are first classified into a category or class of best review or bad review, then opinion retrieval implemented to find the opinions matching to user’s input. The method used in this review classification is Support Vector Machine (SVM) with Gaussian Kernel. SVM was chosen because its reliability has been proven in classifying high dimensional text. The result of that classification are computed into weighted score to calculate an overall score of the document for doing the ranking.

Based on test results, the SVM method can classify a review well and with an average accuracy above 90%. Ranking the results by adding the score of the review classification may also be implemented.Keyword: opinion retrieval, Support Vector Machine, SVM

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Opinion Retrieval dengan Pendeteksian Kualitas Review menggunakan Support Vector Machines (Studi Kasus Review Produk)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Rizky Ramadhan
Perorangan
Ema Rachmawati, Arie Ardiyanti Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini