Komunikasi Real Time menggunakan Long Polling pada Aplikasi Chatting

Muhammad Nurrahman

Informasi Dasar

113070306
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Aplikasi web pada dasarnya adalah aplikasi yang statis, akan tetapi dengan berkembangnya teknologi AJAX, web sudah bisa menjadi aplikasi yang dinamis bahkan bisa menjadi sebuah aplikasi yang real time. Penggunaan AJAX membuat suatu web mejadi lebih dinamis karena adanya HTTP request yang berjalan pada background aplikasi. Akan tetapi bertambahnya jumlah HTTP request membuat overhead server semakin bertambah.

Salah satu data delivery technique yang sering dipakai untuk mendapatkan data secara real time pada web adalah dengan menggunakan polling. Polling merupakan mekanisme dimana suatu client melakukan request secara periodik terhadap server untuk mengecek keberadaan suatu data. Cara ini berdampak pada banyaknya jumlah request yang dikirimkan. Delay penerimaan data pun bergantung pada interval dari polling itu sendiri. Untuk mengatasi berbagai kekurangan polling digunakanlah long polling.

Long polling dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi web yang real time dengan mengurangi overhead dari AJAX request pada publish rate server yang cukup rendah.Kata Kunci : long polling, push, reverse ajaxABSTRACT: The web application is basically a static application, but with the development of AJAX technology, the web application become a dynamic application even a real time application. The use of AJAX which is make a web application becoming dynamic is because of the HTTP request that is running behind the background application. However, increasing the number of HTTP request make servers’s overhead increased.

One of the data delivery technique which is often used to obtain data in real time web is polling. Polling is a mechanism where a client request to the server in periodically time to check the existence of a data. It makes a large number of request are sent. Delay of data reception also depend on the interval of polling it self. To overcome the shortage of poll, long polling is being used.

Long polling can be used to create a real time web application by reducing the overhead of AJAX request at low publish rate.Keyword: long polling, push, reverse ajax

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Komunikasi Real Time menggunakan Long Polling pada Aplikasi Chatting
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Nurrahman
Perorangan
Bayu Erfianto, Sri Widowati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini