Implementasi Algoritma Paice/Husk Stemmer dan Market Basket Analysis pada Search Engine Berita Bahasa Inggris

Wulan Novandiary Putri Surya

Informasi Dasar

113050183
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Search engine (mesin pencari) merupakan salah satu penerapan dari information retrieval yang dirancang untuk menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web atau dalam komputer sendiri. Search Engine juga memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.
Search engine yang dibuat, pada tahap preprocessingnya menggunakan Algoritma Paice/Husk Stemmer, dan pada tahap searchingnya menggunakan Metode Market Basket Analysis. Term yang memiliki imbuhan dapat dihilangkan dengan menggunakan stemmer, dan pada pencarian akan dilakukan penggabungan antara pencarian biasa dengan pencarian menggunakan Market Basket Analysis.
Berdasarkan pengujian performansi search engine, jumlah return hits yang dihasilkan dari search engine ini lebih banyak dari jumlah dokumen yang seharusnya relevan, yang berasal dari dokumen yang telah memiliki relevance judgement, sehingga mengakibatkan nilai precision lebih rendah dibanding recall. Sedangkan untuk pengujian stemmer didapatkan bahwa Algoritma Paice/Husk Stemmer termasuk stemmer yang kuat karena memiliki jumlah term per conflation class lebih banyak dan lebih sering mengubah term dibanding Algoritma Porter Stemmer.Kata Kunci : Searh Engine, Paice/Husk Stemmer, Market Basket AnalysisABSTRACT: Search Engine is one of applying from Information Retrieval designed to find the file kept in computer, for example in a public server in]web or in computer by itself. Search Engine also enable the us to ask the content media with the specific criterion ( containing usually word or phrase which we determine) and obtain the file list to fulfill the criterion.
Search Engine made, at preprocessing phase use the Paice / Husk Stemmer Algorithm, and at searching phase use the Method of Market Basket Analysis. Term owning augmentation can be eliminated by using stemmer, and at searching will be conducted by affiliation of among usual searching and searching use the Market Basket Analysis.
Pursuant to examination of performansi search engine, sum up the return hits yielded from this search engine more than document amount which ought to be relevant, coming from document owned the relevance judgement, so that result the compared to lower value precision of recall. While for the examination of stemmer, got by Paice / husk Stemmer Algorithm, is inclusive of strong stemmer because owning more amount of term per conflation class and a more regular alter the term compared to by Porter Stemmer Algorithm.Keyword: Searh Engine, Paice/Husk Stemmer, Market Basket Analysis

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi Algoritma Paice/Husk Stemmer dan Market Basket Analysis pada Search Engine Berita Bahasa Inggris
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wulan Novandiary Putri Surya
Perorangan
Adiwijawa, Angelina Prima Kurniati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini