Implementasi Feature Web 2.0 pada LMS Moodle

Ius Hadi Saputro

Informasi Dasar

113040318
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Web 2.0 merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk media pembelajaran, yang mana lebih dikenal dengan elearning. Web 2.0 merupakan generasi kedua layanan berbasis web yang memiliki banyak kelebihan, khususnya dalam dunia pendidikan. Permasalahannya adalah sejauh mana web 2.0 ini dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan yang sudah ada. Karena tidak semua aplikasi web 2.0 tepat digunakan untuk semua elearning, hal ini tergantung dari kebutuhan institusi yang bersangkutan.
Dalam tugas akhir ini diimplementasikan beberapa feature web 2.0 seperti blog, forum, chat, wiki dan rss pada Learning Management System (LMS) Moodle dengan studi kasus elearning KBK RPLD. Pengimplementasian feature web 2.0 pada LMS Moodle ini dilakukan dengan mengoptimalkan beberapa feature yang sudah terintegrasi di dalamnya serta dengan menambahkan feature baru.
Untuk mengetahui feature web 2.0 yang tepat diimplementasikan, perlu dilakukan analisis terhadap feature tersebut. Analisis yang dilakukan adalah dengan mengukur usability dari feature web 2.0 tersebut, serta dengan mengetahui karakteristik dari user yang menggunakannya. Usability yang dianalisis terdiri dari tiga parameter (effectiveness, effisien dan satisfaction) serta tujuh belas sub parameter untuk mempermudah user dalam melakukan pengujian terhadap feature web 2.0 tersebut.
Dari hasil analisis usability dan karakteristik user yang diperoleh dari pengujian dapat disimpulkan bahwa, usability dari feature web 2.0 pada LMS Moodle dipengaruhi oleh pengalaman user dalam menggunakan aplikasi web 2.0 sebelumnya serta angkatan user.
Kata Kunci : Web 2.0, LMS Moodle, elearning, usabilityABSTRACT: Web 2.0 is a facility which can be applied as a learning media, or known as e-learning. Web 2.0 is the second generation of web based service with more advantages, especially for education world. Nevertheless, this facility has not been optimally used to support the education quality improvement. It is due to the applicability of Web 2.0 application for e-learning whereas not all the application of Web 2.0 is suitable for e-learning as it depends on the needs of the institution.
This final project implements several features of web 2.0 such as blog, forum, chat, wiki and rss in Learning Management System (LMS) Moodle with the e-learning case study of KBK RPLD. The Implementation of feature web 2.0 in LMS Moodle is conducted with optimizing several integrated features and adding several new features.
To identify applicable feature of web 2.0, deep analysis is conducted. It is done by measuring the usability from the feature of web 2.0 and by identifying the characteristic of the user as well. Analyzed Usability consists of three parameters (effectiveness, efficiency and satisfaction) and 17 sub parameters to enable the user to do the testing towards the feature of web 2.0.
From the result of usability and user characteristic analysis, it can be concluded that the usability of web 2.0 features in LMS Moodle is influenced by the user experience in using the web 2.0 and the age of the user.
Keyword: Web 2.0, LMS Moodle, e-learning, usability

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi Feature Web 2.0 pada LMS Moodle
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ius Hadi Saputro
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo, Yanuar Firdaus A.W.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini