Perancangan, Implementasi Dan Analisis 3D Graphics Framework Extensi M3G Framework

Mirza Akhena

Informasi Dasar

113040068
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Framework adalah reusable object oriented library berupa sekumpulan class atau library yang digunakan untuk menyelesaikan domain problem tertentu pada software application. Framework terdiri dari koleksi API yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan framework harus mampu mengakomodasi berbagai macam skenario penggunaan dari yang paling simpel hingga yang paling kompleks. Namun kenyataannya sebagian besar developer hanya menggunakan sebagian kecil dari sejumlah skenario yang ditawarkan.
Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah framework baru yang dikembangkan dari sebuah high level API library yang stabil dan telah banyak digunakan untuk pembuatan content 3D pada mobile device yang dikenal dengan nama M3G. Penggunaan M3G untuk skenario yang paling sederhana masih terlalu rumit, oleh karenanya akan dibuat sebuah framework yang mudah penggunaannya dibandingkan dengan menggunakan M3G. Framework ini juga menerapkan design pattern dalam perancangannya. Analisa yang dilakukan dalam tugas akhir ini adalah membandingkan penggunaan dan arsitektur framework yang dibangun dari M3G dengan framework M3G sendiri. Hasilnya, framework yang dikembangkan mampu menangani skenario penggunaan yang simpel dari M3G dengan baik dibandingkan dengan M3G itu sendiri. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah penulisan kode yang lebih sedikit dan lebih terstruktur.Kata Kunci : Desain Framework, Design Pattern, M3GABSTRACT: Framework is a reusable object oriented library which is formed in a group of a class or a library whic is used for finishing a certain domain problem in a software application. Framework contains a lot of API collection. Due to the framework must be able to accomodate many kinds of using scenario from the simplest one to the most complex. But the fact that most of of developer use only small part from the whole possible scenario.
In this final assessment, the writer tries to make a new framework which is developed from a stable high level API library and commonly used for creating 3D content in a mobile device, known as M3G. According to the writer, using M3G for the simplest scenario is still complex so the writer tries to make an easy-to-use framework which is better than M3G. The writer also applies design pattern in designing this framework. This final assessment’s analysis is only focused on comparing the usability and framework architecture, which the writer has developed from M3G, to M3G itself. The result is the framework, which the writer has developed, can be better in handling a simple scenario from M3G than M3G itself. This is shown by the amount of code line which is less and more structured.Keyword: Framework Design, Design Pattern, M3G

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Perancangan, Implementasi Dan Analisis 3D Graphics Framework Extensi M3G Framework
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mirza Akhena
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini