Analisis Simulasi Performansi Modulasi Direct dan Eksternal pada Jaringan FTTH dengan Gigabit Passive Optical Network (GPON)

Ridhwan Prawira Surya Gandaatmaja

Informasi Dasar

111101212
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam perkembangan teknologiinformasidankomunikasisaatini,jaringan FTTH menjadisuatujaringankomunikasi yang lebihandaluntukdigunakanmasyarakatsaatini, dimanamasyarakatsaatinimembutuhkanpengiriman data yang lebihcepatdanbandwidth yang lebihlebaruntukakseskomunikasi. Pada teknologinya, Gigabit Passive Optical Network (GPON) merupakan teknologi yang sangat andal dikarenakan mampu mencapai bitrate tinggi hingga 2.5 Gbps untuk downstream dan 1.25 Gbps untuk upstream.GPON bukan merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi performa jaringan FTTH. Faktor lain yang mempengaruhinya adalah letak pemodulasian pada sisi transmitter jaringan.
Modulasi merupakan proses pengubahan sinyal menjadi bentuk tertentu agar bisa ditransmisikan sampai dengan tujuan. Berdasarkan letak pemodulasianya, cahaya pada serat optik dapat dimodulasi secara direct dan secara eksternal. Pada modulasi direct cahaya akan dimodulasikan di dalam perangkat sumber cahayanya, sedangkan pada modulasi eksternal cahaya akan dimodulasi diluar perangkat sumber cahayanya. Pada penelitian ini dilakukan analisis dengan parameter kelayakan jaringan seperti power link budget, rise time budget. Serta Signal to Noise Ratio (SNR), Bit Error Rate (BER), dan eye diagram yang didapatkan dari hasil simulasi dengan software Optisystem.
Pada penelitian digunakan skema jaringan yang didapatkan dari yaitu pada daerah perumahan Batununggal yang dianalisis pada ODC FBG dan distribusi FBG 43 – FBG 54. Dimana pada jaringan ini menggunakan transmitter yang menggunakan modulasi direct dan eksternal sesuai spesifikasi dari datasheet. Pada akhir penelitian didapatkan daya keluaran transmitter pada modulasi direct sebesar 2,388 dBm yang lebih besar dibandingkan dengan modulasi eksternal yaitu 0,934 dBm. Analisis power link budget untuk kedua modulasi pada jarak terdekat dan terjauh didapatkan hasil yang memenuhi kelayakan karena didapatkan hasil daya terima yang lebih besar dari sensitivitas detektor yaitu -28 dBm. Untuk analisis rise time budget pada kedua modulasi juga memenuhi kelayakan karena berada ttotal dibawah batas maksimum penggunaan NRZ yaitu 0,28 ns. SNR yang didapatkan pada kedua modulasi juga berada diatas batas SNR yang ditetapkan yaitu 21,5 dBm. Dan BER yang didapatkan pada modulasi eksternal jauh lebih baik dibandingkan modulasi direct namun pada kedua modulasi masih layak karena berada dibawah batas maksimum yaitu 10-9.KATA KUNCI: GPON, FTTH, modulasidirect, modulasieksternalABSTRACT: In the development of information technology and communication today, FTTH network will be a communication network that is more reliable to use today, where people today need faster data transmission and wider bandwidth for communication access. A Gigabit Passive Optical Network (GPON) technology is able to achieve a highly reliable due to the high bitrates of up to 2,5 Gbps for downstream and 1,25 Gbps downstream for upstream. GPON is not the only factor affecting performance FTTH network, another factor that affect the performance is the location of the modulation on the transmitter side of the network.
Modulation is the process of converting the signals into specific shapes in order to be transmitted to the destination. Based on layout of the modulation, light in optical fibers can be modulated directly and externally. In the direct modulation light will be modulated in the light source device, while the external modulation of light to be modulated beyond the light sources. This research analyzes the feasibility of network parameters such as link power budget, rise time budget. And Signal to Noise Ratio (SNR), Bit Error Rate (BER), and eye diagrams obtained from the simulation results with Optisystem software.
This research simulate the network based on map of Batunggal Residence at ODC FBG and one distribution from FBG 43 to FBG 54. The network uses a transmitter with direct and external modulation according to the specifications from the datasheet. At the end of the research obtained the output power of direct modulation is 2,388 dBm greater than the external modulation is 0.934 dBm. And on the power link budget analysis at the direct and external modulation at the nearest and farthest distances obtained receiver power greater than detector sensitivty by -28 dBm. For the rise time budget analysis on both modulation also meet eligibility because it is below the maximum limit ttotal of NRZ is 0.28 ns. SNR obtained in both modulation also remained above the threshold SNR at 21.5 dBm. And BER are obtained on the external modulation is much better than direct modulation modulation but both is still feasible because BER is still below the maximum limit BER of 10-9.KEYWORD: GPON, FTTH, direct modulation, external modulation

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis Simulasi Performansi Modulasi Direct dan Eksternal pada Jaringan FTTH dengan Gigabit Passive Optical Network (GPON)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ridhwan Prawira Surya Gandaatmaja
Perorangan
Akhmad Hambali , Andi Audy Oceanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini