PENGARUH CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA TELKOM SPEEDY(Studi pada Pelanggan Speedy di Plasa Telkom Supratman Bandung Periode Desember Tahun 2013)

EVA DAMAYANTI

Informasi Dasar

14.04.1008
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi telah membawa manusia kedalam pola interaksi yang beragam, market place yang baru, dan jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Teknologi informasi berkembang pesat saat internet hadir sebagai ruang komunikasi baru yang mampu menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia. PT. Telekomunikasi Indonesia melihat peluang dari lahirnya internet dan kemudian menjadikan Speedy sebagai penyedia layanan internet paling dominan di Indonesia. Walaupun jumlah pelanggan Speedy berada dalam keadaan stabil, perusahaan masih tetap membutuhkan informasi tentang loyalitas pelanggan, karena saat ini konsumen lebih kritis, lebihcerdas, sadar akan harga, lebih banyak menuntut,dan didekati oleh banyak pesaing Menurut Robinette dalam Huriyati mengungkapkan bahwa semakin tinggi nilai yang dirasakan semakin tinggi pula loyalitas dan profit yang diperoleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Customer Perceived Value terhadap loyalitas pelanggan pengguna Telkom Speedy di Plasa Telkom Supratman Bandung. Jenis penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah penelitian deskriptif dan kausal. Adapun teknik yang digunakanyaitu analisa statistik regresi linier sederhana dan metode teknik incidental sampling. Pengambilan sampel dilakukan melalui responden yang merupakan pelanggan Speedy di Plasa Telkom Supratman. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa customer perceived value berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan persamaan Y = 5,103 + 0,302 X,maka rata-rata loyalitas pelanggan bernilai 5,103. Sedangkan koefisien regresi b memiliki arti bahwa jika variabel customer perceived value (X) meningkat sebesar satu satuan, maka Loyalitas Pelanggan (Y) akan meningkat sebesar 0,302. Setelah dilakukan pengolahan data didapatkan hasil korelasi (r) sebesar 0,727 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara customer perceived value dengan loyalitas pelanggan. Kontribusi pengaruh customer perceived value terhadap loyalitas pelanggan sebesar 52,9% dan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Uji signifikansi uji-t menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara customer perceived value terhadap loyalitas pelanggan speedy di Plasa Telkom Supratman Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa total customer value dan total customer cost produk Telkom Speedy sudah berada dalam kategori baik. Loyalitas pelanggan juga berada dalam kategori memuaskan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara customer perceived value terhadap loyalitas pelanggan pengguna Telkom Speedy.

Kata Kunci : Telkom Speedy, Customer Perceived Value, Loyalitas Pelanggan

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA TELKOM SPEEDY(Studi pada Pelanggan Speedy di Plasa Telkom Supratman Bandung Periode Desember Tahun 2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EVA DAMAYANTI
Perorangan
Putu Nina Madiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini