PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN(Studi Kasus Pada Pengguna Layanan AirAsia Indonesia di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Januari-Juli 2014)

FEBRI SURYA SYAHPUTRA

Informasi Dasar

14.04.1005
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan industri transportasi khususnya jasa transportasi udara saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dikarenakan masyarakat sudah menjadikan travelling sebagai gaya hidup. Selain travelling menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, adanya maskapai penerbangan dengan tarif berbiaya murah juga menumbuhkan jumlah penumpang pesawat terbang. Salah satu maskapai penerbangan yang menerapkan tarif berbiaya murah adalah AirAsia Indonesia. AirAsia Indonesia dengan brand image murah yang diciptakan yakin akan menarik minat konsumen untuk melakukan proses keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap proses keputusan pembelian konsumen di Fakultas Komunikasi dan Bisinis Universitas Telkom Bandung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kausal, dengan menggunakan teknik analisis statistik regresi linier sederhana dan metode teknik sampling purposive sampling. Pengambilan sampel yang dijadikan bahan penelitian adalah responden yang pernah menggunakan AirAsia Indonesia dan responden yang berada di Fakultas Komunikasi dan Bisinis Universitas Telkom Bandung. Berdasarkan hasil uji hipotesi, brand image AirAsia Indonesia berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (12,506) > ttabel (1,6606) yang menunjukkan bahwa arah hubungan berbanding lurus. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil Y = 10,286 + 0,874X. Berdasarkan uji koefisian determinasi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa brand image memberikan pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen, dengan persentase pengaruh sebesar 61,5% Sedangkan sisanya sebesar 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar brand image yang tidak diteliti dalam penelitian ini. AirAsia Indonesia sebaiknya mempertahankan brand image murah yang sudah terbentuk dengan tetap memberikan harga murah ke setiap destinasi tujuan baik penerbangan domestik maupun internasional agar konsumen tetap memilih AirAsia Indonesia dan juga memperhatikan kualitas pelayanan terhadap konsumen baik pelayanan di dalam bandara atau sebelum keberangkatan sampai pelayanan di dalam pesawat hingga konsumen sampai ke tujuan sehingga konsumen akan terus melakukan proses keputusan pembelian terhadap AirAsia Indonesia.

Kata Kunci: Brand Image, Pemasaran, Proses Keputusan Pembelian Konsumen

Subjek

BRAND IMAGE
 

Katalog

PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN(Studi Kasus Pada Pengguna Layanan AirAsia Indonesia di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Januari-Juli 2014)
 
83p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRI SURYA SYAHPUTRA
Perorangan
Farah Oktafani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Administrasi Bisnis
 
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini