PENENTUAN AKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PENYEBARAN INFORMASI BRAGA CULINARY NIGHT DI MEDIA SOSIAL TWITTER(Studi Kasus Braga Culinary Night ke-5 dan ke-6)

MIFTAKHUL IMANNUR KHAKIM

Informasi Dasar

14.04.785
302.231
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi internet berkembang dengan cepat seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia. Perkembangan inilah yang mempermudah penyebaran informasi tentang sebuah event. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan aktor yang paling berpengaruh dalam penyebaran informasi event Braga Culinary Night ke-5 dan ke-6 di media sosial Twitter dan perbandingan pola penyebaran informasi event Braga Culinary Night ke-5 dan ke-6. Penelitian ini memanfaatkan big data dari media sosial Twitter yang diambil melalui Twitter API (Application Programming Interface). Data tersebut kemudian diolah dengan pendekatan Social Network Analysis. Software yang digunakan untuk menghitung dan memvisualisasikan hasil analisis adalah Gephi versi 0.8.2 untuk Windows. Perhitungan yang digunakan untuk menentukan aktor dihitung berdasarkan centrality yang terdiri dari degree, betweenness centrality, closeness centrality, dan eigenvector centrality. Data yang digunakan adalah semua tweet yang memuat kata “Braga Culinary Night” dan hastag #BragaCulinaryNight pada 2-11 Maret 2014 dan 20-29 April 2014. Hasil penelitian menemukan bahwa Aktor yang paling berpengaruh adalah account ridwankamil sebagai Walikota Bandung dan sebagai pencetus ide event Braga Culinary Night. Pola penyebaran informasi event Braga Culinary Night ke-5 dan ke-6 mempunyai pola yang mirip. Perbedaan terletak pada account twitter yang terlibat interaksi dalam event Braga Culinary Night ke-5 lebih banyak dari event Braga Culinary Night ke-6.

Kata kunci: Social Network Analysis, Dissemination of Information, Centrality, Influential Actors .

Subjek

SOCIAL NETWORKS
MEDIA

Katalog

PENENTUAN AKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PENYEBARAN INFORMASI BRAGA CULINARY NIGHT DI MEDIA SOSIAL TWITTER(Studi Kasus Braga Culinary Night ke-5 dan ke-6)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTAKHUL IMANNUR KHAKIM
Perorangan
Listyo Dwi Harsono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini