NILAI INFORMASI DALAM MEMBENTUK PERSEPSI ORANGTUA SISWA MENGENAI PAPAN PENGUMUMAN DANA BOS (Studi Sequential Explanatory Mengenai Nilai Informasi Dalam Membentuk Persepsi di SD Negeri Merdeka Bandung)

HENDRAWAN ANDY TRI WIBOWO

Informasi Dasar

14.04.647
153.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesadaran orangtua mengenai pentingnya pendidikan membuat mereka menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Namun dalam keiinginan tersebut banyak ditemukan berbagai kendala. Faktor ekonomi menjadi salah satu kendala yang membuat orangtua tidak mampu memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Karena kendala tersebut pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan, yaitu kebijakan dana BOS yang diberikan kepada sekolah untuk membantu meringankan beban orangtua agar dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai informasi membentuk sebuah persepsi orangtua siswa mengenai papan pengumuman dana BOS. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi sequential explanatory design, dengan menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif secara berurutan. Sampel diambil dengan metode purposive sampling sebanyak 35 orangtua siswa. Sedangkan informan dalam penelitian ini sebanyak tiga orang informan dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan garis kontinum didapatkan nilai informasi pada media informasi transparansi dana BOS di SD Negeri Merdeka Bandung berada dalam kategori “sangat buruk”, dengan nilai 35,14%, atau dipersepsikan negatif oleh orangtua siswa. Setelah dilakukan wawancara dengan informan, hasil penelitian tersebut diperkuat dengan pernyataan informan yang mempersepsikan negatif terhadap media informasi dana BOS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai informasi secara signifikan membentuk persepsi orangtua siswa terhadap media inforamsi secara langsung.

Kata Kunci : Nilai Informasi, Media Informasi, Persepsi, Dana BOS

Subjek

MEDIA OF COMMUNICATION
 

Katalog

NILAI INFORMASI DALAM MEMBENTUK PERSEPSI ORANGTUA SISWA MENGENAI PAPAN PENGUMUMAN DANA BOS (Studi Sequential Explanatory Mengenai Nilai Informasi Dalam Membentuk Persepsi di SD Negeri Merdeka Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRAWAN ANDY TRI WIBOWO
Perorangan
Darajat Wibawa
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini