ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP KASKUS.CO.ID DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

NURSAMSI WAHYU APRIANTO

Informasi Dasar

14.04.638
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fenomena perubahan interface yang terjadi pada kaskus.co.id menggerakkan penelitian ini untuk mengukur penggunaan kaskus.co.id secara nyata. Dikarenakan perubahan interface ini dapat mempengaruhi persepsi seseorang untuk menggunakan kaskus.co.id. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar sikap untuk menggunakan kaskus secara nyata berdasarkan persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Model ini disebut Technology Acceptance Model (TAM) menggunakan empat variabel yaitu perceived ease of use, perceived usefulness, intention to use, dan actual system usage. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna kaskus.co.id pengguna forum diskusi dan forum jual beli. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu Insindental Sampling, dan didapatkan sampel sebanyak 385 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan teknik analisis data yaitu path analysis atau analisis jalur. Sementara itu, pengaruh persepsi kemudahan menggunakan dengan persepsi kemanfaatan memiliki pengaruh signifikan sebesar 36,7%. Pengaruh bersamaan persepsi kemudahan menggunakan dan persepsi kemanfaatan memiliki pengaruh signifikan dengan nilai sebesar 25,7%. Pengaruh secara parsial dari persepsi kemudahan menggunakan terhadap penggunaan kaskus secara nyata sebesar memiliki pengaruh signifikan sebesar 24,8% dan persepsi kemanfaatan menggunakan terhadap penggunaan kaskus secara nyata memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 11,1%. Sedangkan pengaruh antara kemauan menggunakan dan penggunan kaskus secara nyata memiliki pengaruh signifikan pula sebesar 26,9%.

Kata Kunci: Technology Acceptance Model, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness

Subjek

Management - information system
 

Katalog

ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP KASKUS.CO.ID DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
 
69p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURSAMSI WAHYU APRIANTO
Perorangan
Puspita Kencana Sari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini