ANALISIS PENGARUH DIGITAL RIGHTS MANAGEMENT PADA LANGITMUSIK TELKOMSEL TERHADAP MINAT BERLANGGANAN PELANGGAN TELKOMSEL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY)

ANDRIAN NUGRAHA

Informasi Dasar

14.04.539
658.8342
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telkomsel sebagai penyedia layanan gaya hidup digital telah menawarkan konten-konten digital yang dapat diandalkan. Salah satu konten digital yang dimiliki oleh Telkomsel adalah LangitMusik, yaitu layanan lagu digital yang diluncurkan pada tahun 2010. LangitMusik memiliki sistem perlindungan lagu, yaitu Digital Rights Management (DRM). Dengan sistem DRM, lagu-lagu yang ditawarkan oleh LangitMusik tidak bisa dibajak atau diperbanyak. Telkomsel menerapkan sistem DRM sebagai bentuk nyata dalam mendukung industri kreatif dan memberantas pembajakan. Dalam era digital, konten digital sangat rentan untuk dibajak sehingga diperlukan manajemen keamanan yang baik agar karya tidak bisa dibajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh DRM pada LangitMusik terhadap minat berlangganan pelanggan Telkomsel di tengah - tengah kemudahan mengunduh lagu gratis di internet. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana digunakan untuk menjawab rumusan masalah dari skripsi ini. Populasi yang diambil untuk penelitian ini adalah mahasiswa Telkom University. Metode pengambilan sampel kepada responden menggunakan Nonprobability Sampling. Dari teknik Nonprobability Sampling, cara pengambilan sampel berdasarkan convenience sampling.. Sementara untuk menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 397 mahasiswa. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa DRM pada LangitMusik memiliki pengaruh terhadap minat berlangganan pelangan Telkomsel. Didapatkan angka persentase sebesar 65,9% untuk tanggapan responden mengenai penerapan DRM pada LangitMusik Telkomsel. Angka tersebut menandakan tanggapan responden baik. Sementara minat berlangganan juga berada dalam kategori baik dengan persentase 67,4%. Meskipun minat berlangganan berada dalam kategori baik secara keseluruhan, namun pada item terakhir kuesioner ditemukan bahwa responden tidak akan berlangganan LangitMusik Telkomsel. Setelah diadakan wawancara tambahan, responden menilai baik penggunaan DRM pada LangitMusik Telkomsel namun tidak akan berlangganan karena masih mudah untuk mendapatkan lagu secara gratis dari internet. Hal ini dapat menjadi masalah bagi keberlangsungan LangitMusik. Masalah tersebut bisa diantisipasi apabila Telkomsel bisa membenahi LangitMusik dari faktor lain selain DRM. Misalnya menambah perbendaharaan lagu, meningkatkan kualitas audio, meningkatkan kemudahaan pemakaian, sistem berlangganan, Dll. Kata Kunci : Digital Rights Management, Minat Berlangganan, Keputusan Berlangganan, Pemasaran High Tech, Digital Audio, Music.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH DIGITAL RIGHTS MANAGEMENT PADA LANGITMUSIK TELKOMSEL TERHADAP MINAT BERLANGGANAN PELANGGAN TELKOMSEL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY)
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRIAN NUGRAHA
Perorangan
Listyo Dwi Harsono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini