PENGARUH STUDENT CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP FINANCIAL LITERACY DENGAN FINANCIAL ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANJELLIN ZAHRA SUPRAPTIN

Informasi Dasar

6 kali
24.04.3045
332.024
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Terdapat survei yang menunjukkan bahwa kesadaran finansial di kalangan masyarakat masih perlu ditingkatkan. PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) merilis survei OCBC NISP Financial Fitness Index (2022) yang menunjukkan indeks kesehatan finansial masyarakat Indonesia masih cukup rendah, hanya mencapai 37,72 dari skor maksimal 100. Survei dari Global Financial Literacy Excellence Center (2021) juga menunjukkan  rata-rata tingkat literasi keuangan dari lima generasi masih cukup rendah, dengan skor di bawah 60%. Generasi dengan tingkat literasi keuangan terendah adalah Gen Z (43%), yang persentasenya lebih rendah dibandingkan empat generasi lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Student Citizenship Behavior terhadap Financial Literacy dengan Financial Attitude sebagai variabel intervening pada generasi Z mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dimana pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan jumlah responden 100 orang. Teknik analis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian ini adalah adalah variabel Student Citizenship Behavior (X) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Financial Literacy (Y), variabel Student Citizenship Behavior (X) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Financial Attitude (Z), variabel Financial Attitude (Z) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Financial Literacy (Y), Student Citizenship Behavior (X) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Financial Literacy (Y) dengan Financial Attitude (Z) sebagai variabel intervening.

Subjek

BEHAVIORAL RESEARCH
 

Katalog

PENGARUH STUDENT CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP FINANCIAL LITERACY DENGAN FINANCIAL ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi,108p.:il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANJELLIN ZAHRA SUPRAPTIN
Perorangan
Mahendra Fakhri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini