PENGARUH PROPER RATING, GROWTH, DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS KOMPAS 100 BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RAIHAN NADHIF KHANSA

Informasi Dasar

17 kali
24.04.2675
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Carbon emission disclosure merupakan sebuah pengungkapan sukarela yang dilakukan perusahaan terkait dengan emisi yang dikeluarkannya dan upaya untuk mengurangi emisi. Perjanjian Paris atau Paris Climate Agreement adalah perjanjian internasional yang mengikat secara hukum 196 negara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca nasional dan membantu negara-negara berkembang dalam memerangi dampak terburuk dari krisis iklim yang sedang berlangsung saat ini. Fakor-faktor seperti PROPER rating, growth, dan Media Exposure diduga mempengaruhi carbon emission disclosure pada perusahaan yang terdaftar di indeks Kompas 100.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui PROPER rating, growth, Media Exposure, dan carbon emission disclosure. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh PROPER rating, growth, dan Media Exposure terhadap carbon emission disclosure pada perusahaan yang terdaftar di indeks Kompas 100 Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022, baik secara simultan maupun parsial.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data purposive sampling. Penelitian ini memiliki 60 data observasi yang didapat dari 15 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PROPER rating, growth, dan Media Exposure berpengaruh secara simultan terhadap carbon emission disclosure. Secara parsial, PROPER rating berpengaruh positif signifikan terhadap carbon emission disclosure, growth berpengaruh negatif signifikan terhadap carbon emission disclosure sedangkan Media Exposure tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure.
Berdasarkan hasil penelitian yang di dapat, saran dari penelitian ini dapat memberikan informasi tambahan yang berkaitan dengan PROPER rating, growth, dan Media Exposure, dan Carbon emission disclosure. Peneliti selanjutnya dapat menambah variabel independen lainnya seperti green accounting, gender diversity, dan lain-lain. Bagi perusahaan harus memperhatikan peringkat PROPER untuk meningkatkan kinerja lingkungan yang akan bermanfaat juga untuk keberlanjutan perusahaan. Bagi investor diharapkan untuk mempertimbangkan perusahaan yang memiliki peringkat PROPER yang baik karena mereka cenderung memiliki Carbon emission disclosure yang baik.
 
Kata Kunci: Carbon emission disclosure; Growth; Media Exposure; PROPER rating
 
 

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

PENGARUH PROPER RATING, GROWTH, DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS KOMPAS 100 BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAIHAN NADHIF KHANSA
Perorangan
Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini