PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN PHYSICAL WORK ENVIRONMENT TERHADAP EMPLOYEES’ PERFORMANCE PADA PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK DISTRIBUSI SULSELRABAR

AURINGGA NOVINDRA

Informasi Dasar

74 kali
23.05.192
658.38
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pada era sekarang, kondisi bisnis dihadapi dengan adanya fenomena volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity atau yang biasa disebut VUCA. PT PLN (Persero) sebagai perusahaan Negara yang saat ini tidak hanya memperhatikan Misi Sosial dalam memberikan layanan tenaga listrik kepada seluruh warga Indonesia ikut merasakan fenomena VUCA. Untuk bisa bertahan dengan kondisi bisnis saat ini, PT PLN (Persero) harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dapat membaca tren masa depan dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai situasi serta memiliki kinerja yang baik.

Pada PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) didapatkan data bahwa kinerja pegawai mengalami pernurunan dari Semester 2 Tahun 2019 dengan angka 49% menjadi 41% pada Semester 2 Tahun 2021. Selain itu nilai Employee Engagement Index dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2020 mengalami penurunan dari angka 85,8 menjadi 80,45. Menurut pengelolahan data survei didapatkan data bahwa mayoritas lingkungan kerja fisik di UID Sulselrabar masuk kedalam kategori “cukup”.

Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara penyebaran kuisioner kepada 129 responden yang merupakan pegawai PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulselrabar. Data yang telah diolah akan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, outer model, inner model dan analisis jalur dengan menggunakan aplikasi Smart PLS-4.

Berdasarkan analisis deskriptif, didapatkan data bahwa variabel employee engagement, physical work environment dan employees’ performance dikategori baik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, didapatkan hasil bahwa secara parsial employee engagement dan physical work environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap employees’ performance. Koefisien determinasi menggunakan R2 menunjukan adanya pengaruh sebesar 91,6% employee engagement dan physical work environment terhadap employees’ performance.

 

 

 

 

Kata Kunci: volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, ambiguitas, sumber daya manusia, kinerja, keterikatan pegawai, lingkungan kerja fisik.

Subjek

Manajemen SDM
EMPLOYEE PERFORMANCE,

Katalog

PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN PHYSICAL WORK ENVIRONMENT TERHADAP EMPLOYEES’ PERFORMANCE PADA PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK DISTRIBUSI SULSELRABAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AURINGGA NOVINDRA
Perorangan
Fetty Poerwita Sary
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • MM200114 - MANAJEMEN SDM
  • MMFA13 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • EMI1D3 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • MMPA16 - TESIS
  • EMI2H6 - TESIS
  • MM400014 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini