PENGARUH SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN, MANAJEMEN ASET, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Energi dan Minerba Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021) - Publikasi Pengganti Sidang

DAUD FAHKRUDDIN SEDOVANDARA

Informasi Dasar

91 kali
23.04.3354
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja keuangan adalah aspek fundamental dari setiap perusahaan. Kinerja keuangan merupakan sebuah indikator untuk menggambarkan kondisi perusahaan dalam menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan laba. Suatu perusahaan memiliki kinerja keuangan yang lebih baik ditandai dengan semakin tinggi laba yang dapat dihasilkan oleh perusahaan dimana laba digunakan sebagai ukuran kinerja sebuah perusahaan. Namun demikian, kinerja keuangan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu yang dapat menyebabkan kinerja keuangan menurun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari sistem manajemen lingkungan, manajemen aset, dan struktur modal terhadap kinerja keuangan pada sektor energi dan minerba yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Adapun variabel operasionalisasi dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan sebagai variabel dependen, sedangkan sistem manajemen lingkungan, manajemen aset, dan struktur modal sebagai variabel independen.

Populasi dalam penelitian ini adalah sektor energi dan minerba yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang dapat diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel dengan total 200 observasi. Teknik pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dengan metode penelitian analisis regresi data panel yang diolah menggunakan aplikasi EViews 12.

Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan sistem manajemen lingkungan, manajemen aset, dan struktur modal memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan. Secara parsial sistem manajemen lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, manajemen aset berpengaruh secara positif terhadap kinerja keuangan, dan struktur modal secara negatif berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Penelitian ini dapat membantu bagi pihak perusahaan sebagai bahan masukan dan pertimbangan agar dapat mengevaluasi kinerja keuangan dengan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Sistem Manajemen Lingkungan, Manajemen Aset, dan Struktur Modal

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
Management environment,

Katalog

PENGARUH SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN, MANAJEMEN ASET, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Energi dan Minerba Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021) - Publikasi Pengganti Sidang
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAUD FAHKRUDDIN SEDOVANDARA
Perorangan
Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4202 - ACADEMIC WRITING
  • EAI4214 - ACCOUNTING RESEARCH TOOLS
  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini