PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN HARGA DISKON TERHADAP IMPULSIVE BUYING MELALUI MEDIA TIKTOK SHOP PADA GENERASI Z DAN MILENIAL DI JAKARTA

MONA LISKA

Informasi Dasar

128 kali
23.04.2992
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Perkembangan teknologi saat ini terus mengalami pertumbuhan secara pesat yang membuat kehidupan manusia semakin mudah dan praktis. Semua hal bisa dilakukan melalui media sosial dengan memanfaatkan internet. Salah satu aspek yang mengalami peningkatan dalam pemanfaatan internet yaitu kegiatan belanja online. Platform yang sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk berbelanja saat ini yaitu layanan TikTok Shop. Aktivitas berbelanja di TikTok Shop paling banyak dari generasi z dan milenial yang berdomisili di Jakarta. Semakin tinggi nya aktivitas berbelanja, akan semakin besar pula peluang orang untuk berperilaku impulsif saat berbelanja. Gaya hidup berbelanja seseorang dan diskon pada produk merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian secara impulsif. Perilaku impulsif ini dapat merugikan masyarakat apabila sudah tidak terkendali atau lepas kontrol. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh shopping lifestyle dan harga diskon secara parsial dan simultan terhadap impulsive buying pada layanan TikTok Shop pada generasi z dan milenial di Jakarta.

            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mengumpulkan data, dilakukan menggunakan metode non-probability sampling yaitu dengan purpose sampling, dan mengumpulkannya dari tanggapan 100 orang menggunakan kuisioner yang dikirim melalui platform media sosial termasuk Instagram, Whatsapp, dan Twitter. Dengan bantuan SPSS 25, penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda pada data yang sudah diolah.

            Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa variabel yang diteliti yaitu shopping lifestyle, harga diskon, dan impulsive buying masuk kedalam kategori baik dengan persentase masing-masingnya yaitu shopping lifestyle 79%, harga diskon 79,23%, dan impulsive buying 75,44%. Hasil uji hipotesis menunjukkan secara parsial dan bersama-sama gaya hidup berbelanja dan juga harga barang yang sedang diskon mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif pada layanan TikTok Shop di Jakarta. Dibuktikan dengan F-hitung (49,691) > F-tabel (3,09) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Sebesar 50,6% impulsive buying dipengaruhi oleh shopping lifestyle dan harga diskon, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain fashion involvement, promosi, hedonic shopping motivation sebesar 49,4%.

Kata Kunci: Shopping Lifestyle, Harga Diskon, Impulsive Buying.

ABSTRACT

The development of technology today continues to experience rapid growth which makes human life easier and more practical. Everything can be done through social media by utilizing the internet. One aspect that has increased in internet utilization is online shopping activities. The platform that is currently in great demand by the public for shopping is the TikTok Shop service. Shopping activities at TikTok Shop are mostly from generation z and millennials who live in Jakarta. The higher the shopping activity, the greater the opportunity for people to behave impulsively when shopping. A person's shopping lifestyle and discounts on products are one of the factors that influence impulse buying behavior. This impulsive behavior can be detrimental to society if it is uncontrolled or out of control. This study was conducted to determine how much influence shopping lifestyle and discount prices partially and simultaneously have on impulsive buying on TikTok Shop services for generation z and millennials in Jakarta.

            This research uses quantitative methods with descriptive research types. To collect data, a non-probability sampling method was used, namely by purpose sampling, and collected it from the responses of 100 people using questionnaires sent through social media platforms including Instagram, Whatsapp, and Twitter. With the help of SPSS 25, the research was analyzed by descriptive analysis and multiple linear regression analysis on the processed data.

            The results of the descriptive analysis reveal that the variables studied, namely shopping lifestyle, discount prices, and impulsive buying, fall into the good category with their respective percentages, namely shopping lifestyle 79%, discount prices 79.23%, and impulsive buying 75.44%. The results of hypothesis testing show that partially and jointly the shopping lifestyle and also the price of goods that are being discounted have a significant influence on impulse buying behavior on TikTok Shop services in Jakarta. Proven by F-count (49.691) > F-table (3.09) and a significance value of less than 0.05, namely 0.000. 50.6% of impulsive buying is influenced by shopping lifestyle and discount prices, the rest is influenced by other variables fashion involvement, promotion, hedonic shopping motivation by 49.4%.

Keywords: Shopping Lifestyle, Discount Prices, Impulsive Buying.

Subjek

DIGITAL MARKETING
Marketing - advertising,

Katalog

PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN HARGA DISKON TERHADAP IMPULSIVE BUYING MELALUI MEDIA TIKTOK SHOP PADA GENERASI Z DAN MILENIAL DI JAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MONA LISKA
Perorangan
Fitriani Nur Utami
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini