PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM E-VOTING PADA PT INTI KONTEN INDONESIA BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI FIREBASE DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA

IBNU FADHIL MAKHRAJ ERHAN

Informasi Dasar

40 kali
23.04.2740
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring berkembangnya teknologi dan penduduk yang semakin meningkat akan menjadi masalah untuk melakukan pemilihan untuk datang langsung ke lokasi salah satunya yaitu pelaksanaan pemilihan kepala desa yang menyebabkan suatu titik kumpul dan antrian yang banyak.

 Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dapat memudahkan proses pemilihan jarak jauh, sehingga cepat dan akurat tanpa harus mengunjungi tempat berlangsungnya pelaksanaan pemilihan kepala desa. Oleh karena itu, dalam skripsi ini dibangun sebuah aplikasi VOTING-Q yang berbasis android dengan tujuan pemilihan dapat dilakukan secara online. Sehingga perancangan sistem e-Voting ini dapat menjadi solusi untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun secara cepat dan akurat.

Pada penelitian ini, perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan framework React Native yang terkonfigurasi dengan firebase sebagai database. Dalam pengembangannya aplikasi VOTING-Q ini dirancang menggunakan Visual Studio Code sebagai platform dan bahasa pemrograman javascript. Sehingga diharapkan dapat membantu masalah pemilihan kepala desa dalam merancang dan mengembangkan aplikasi VOTING-Q.

Setelah sistem selesai dibuat, dilanjutkan dengan pengujian menggunakan pengujian fungsional dan pengujian non-fungsional. Dari hasil pengujian fungsional yang telah dilakukan, diketahui bahwa aplikasi yang dirancang dapat bekerja dengan baik mulai dari sisi admin maupun user, serta pengujian pada fungsionalitas pada database. Sedangkan untuk pengujian non fungsional yang telah dilakukan dengan menggunakan pengujian compatibility, diketahui bahwa aplikasi yang dirancang dapat bekerja dari berbagai jenis smartphone android.

 

Kata kunci: Sistem E-Voting, Aplikasi, Android, Firebase, React Natives1 

Subjek

ANDROID
 

Katalog

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM E-VOTING PADA PT INTI KONTEN INDONESIA BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI FIREBASE DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IBNU FADHIL MAKHRAJ ERHAN
Perorangan
Arif Indra Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4T3 - MODEL DAN SIMULASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini