SISTEM DETEKSI KECACATAN BAN DENGAN CONVOLUTIONALNEURAL NETWORK

KRISNA PRAYOGA

Informasi Dasar

33 kali
23.04.795
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

 

Produksi kendaraan setiap tahun semakin meningkat. Hal itu terjadi karena banyaknya kebutuhan setiap orang untuk mempunyai kendaraan sendiri. Setiap tahunnya pabrik kendaraan memproduksi ribuan kendaraan untuk memenuhi kebutuhan pasar disetiap negara. Saat ini banyak masyarakat indonesia sudah memiliki kendaran khususnya mobil, ada yang mempunyai 1 mobil hingga 3 mobil sesuai dengan kebutuhan anggota keluarganya, sering kali karena banyaknya kesibukan atau banyaknya kendaraan kita tidak memperhatikan hal penting seperti kondisi ban apakah masih dalam keaadaan layak pakai atau tidak. Ban adalah komponen sangat penting dalam suatu kendaraan karena berkaitan dengan keselamatan berkendara, ban yang tidak maksimal atau cacat sering kali menimbulkan kecelakaan mulai dari kecelakaan ringan hingga fatal, untuk itu memilih ban yang baik sangat dibutuhkan agar ketika kendaraan sedang melaju tidak menimbulkan kecelakaan seperti pecah ban atau ban tergelincir. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis kerja sistem dalam mengidentifikasi ban yang dalam kondisi bagus dengan ban dalam kondisi rusak atau cacat.

Penelitian Tugas Akhir ini meneliti bagaimana cara memilih ban yang baik dengan mengklasifikasikan ban kdalam 2 kategori yaitu ban yang bagus dengan ban yang cacat menggunakan  metode  Convolutional Neural Network (CNN), penelitian ini menggunakan CNN lima layer sebagai ekstraksi ciri dan menguji paramter-parameter yang akan digunakan kedalam sistem untuk mengetahui parameter yang terbaik agar menghasilkan akurasi yang tinggi.

Di dalam penelitian ini bisa diketahui hal-hal yang mempengaruhi performansi sistem, akurasi terbaik yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 88% dengan menggunakan 1.039 sampel citra serta menggunakan parameter size 224x224, Optimizer Adam, Learning Rate 0.0001, Epoch 80, dan Batch size 16.

 

Kata Kunci : Deep Learning, Ban, Kendaraan, Convolutional Neural Network, Kecacatan Ban, Presisi, Recall, fi -score

Subjek

SIGNAL - PROCESSING
 

Katalog

SISTEM DETEKSI KECACATAN BAN DENGAN CONVOLUTIONALNEURAL NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KRISNA PRAYOGA
Perorangan
Rita Magdalena, Sofia Sa'idah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini