ANALISIS PENGGUNAAN E-WALLET DANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UTAUT 2

DALI ARYA WIGUNA

Informasi Dasar

87 kali
23.04.405
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

     Kegiatan bertransaksi adalah salah satu lini kehidupan yang penting. Namun dengan segala kompleksitasnya kegiatan bertransaksi memiliki sistem nya sendiri yang terus berevolusi dengan jaman. Karena dengan adanya volume transaksi yang besar berbanding lurus dengan sistem pembaraannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pembayaran yang aman, efisien, dan mudah untuk dilakukan. Perkembangan teknologi mendukung adanya sistem pembayaran yang aman, mudah, dan efisien. Salah satu produk hasil perkembangan teknologi di bidang keuangan adalah e-wallet. e-wallet muncul sebagai salah satu solusi untuk melakukan transaksi yang lebih mudah, efisien, dan aman dengan cara menggunakan aplikasi pada smartphone dan jaringan internet. Namun perkembangan teknologi yang begitu cepat sayangnya tidak di barengi oleh penerimaan teknologi yang merata. Maka dari itu model penerimaan mengenai teknologi terkini adalah Unified Theory of Acceptence and Use of Technologhy atau sering disebut UTAUT.
     Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada perusahaan PT Espay Debit Indonesia Koe dalam menganalisis use behavior terhadap e-wallet DANA menggunakan metode Unified Theory of Acceptence and Use of Technologhy 2 (UTAUT2) dengan cara mengetahui variabel-variabel yang berpengaruh pada use behavior yakni performance expectancy, effort expentancy, social influence, faciliating condition, hedonic motivation, dan habit.
      Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan pemilihan sample secara purposive dan jumlah sampel 266 responden. Jumlah sampel ini didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan G-power 3.1. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu sumber data yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner penelitian, hasil tersebut dianalisis menggunakan SmartPLS 3.2.9. Sebelum melakukan olah data, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu dengan menggunakan SPSS 25.0 yang menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel.
      Hasil penelitian menunjukkan bahwa PE, EE, FC, HM, dan H berpengaruh terhadap BI dan variabel PE, FC, HM berpengaruh secara langsung terhadap UB melalui variabel BI. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap UB ialah PE. Sedangkan untuk variabel yang memiliki nilai terkecil ialah H.
      Berdasarkan analisis IPMA menunjukkan bahwa variable PE, EE, SI, FC,HM, dan H berada pada kuadran dua, sedangkan untuk BI berada pada kuadran satu. Artinya, pihak aplikasi DANA perlu berkonsentrasi untuk meningkatan keenam variable yang ada pada kuadran dau tersebut dan mempertahankan kinerja yang ada pada kuadran satu yaitu BI.

Kata Kunci: DANA, E-wallet, SmartPLS, Use Behavior, UTAUT2

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
MARKETING MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS PENGGUNAAN E-WALLET DANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UTAUT 2
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DALI ARYA WIGUNA
Perorangan
Khairani Ratnasari Siregar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini