PERANCANGAN KUSTOMISASI REPORT TRACING BUSINESS PROCESS UNTUK ACTIVITY-BASED COSTING PADA MODUL CONTROLLING SAP S/4 HANA (STUDI KASUS: PT TELKOM INDONESIA)

JASMINE AURELY SALSHABILLAH

Informasi Dasar

22.04.1123
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telkom Indonesia merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi yang menggunakan produk SAP yaitu SAP S/4HANA untuk mendukung proses bisnis perusahaan, seperti dalam proses cost allocation dalam Activity-Based Costing pada modul controlling. Beberapa permasalahan terkait proses Activity-Based Costing ditemukan dalam penggunaan sistem ini. Permasalahan terjadi pada alur masuk dan keluar proses bisnis yang sulit untuk dilacak. Pelacakan proses bisnis pun memiliki tahapan yang panjang sehingga dapat memakan banyak waktu. Hal ini mempersulit divisi keuangan dalam melakukan pelacakan proses bisnis terkait dengan alokasi biaya untuk produk. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, dilakukanlah penelitian yang berfokus kepada proses cost allocation dalam Activity-Based Costing dan ABAP Reporting dalam SAP S/4HANA. Solusi yang diajukan dalam penelitian ini adalah pembuatan report tracing business process. Penelitian ini akan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) untuk membantu dalam melakukan kustomisasi pada report. Dengan adanya penelitian ini, seluruh pengguna dapat melakukan tracing proses bisnis dalam Activity-Based Costing dengan lancar sehingga dapat menghemat waktu. Penelitian ini memanfaatkan beberapa modul pada SAP yakni modul Financial dan Controlling khususnya pada bagian Activity-Based Costing, dan ABAP Programming untuk pembuatan report. Report akan diuji fungsionalitasnya menggunakan black box testing. Hasil data dalam report akan divalidasi sesuai dengan kebutuhan divisi keuangan. Hasil dari penelitian ini adalah report tracing business process yang dapat menampilkan data proses bisnis yang dilacak dan dapat melakukan pelacakan proses bisnis secara berkelanjutan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan pengetahuan baru dalam melakukan kustomisasi pada program SAP.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN KUSTOMISASI REPORT TRACING BUSINESS PROCESS UNTUK ACTIVITY-BASED COSTING PADA MODUL CONTROLLING SAP S/4 HANA (STUDI KASUS: PT TELKOM INDONESIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JASMINE AURELY SALSHABILLAH
Perorangan
MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini