Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Web Menggunakan Pendekatan Goal Directed Design (Studi Kasus: Website Praktikum Laboratorium Informatika)

GHIFARI FAZLUL MAKMUR

Informasi Dasar

22.04.1039
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Website Praktikum Laboratorium Informatika merupakan sebuah website yang digunakan oleh praktikan laboratorium untuk mencari informasi tentang praktikum. Website memerlukan faktor usability agar dapat memudahkan penggunanya untuk mencapai tujuan mereka, jika terdapat masalah pada faktor usability ini akan mempengaruhi kemudahan pengguna dalam mencapai tujuannya. Setelah mengukur usability dari Website Praktikum Laboratorium Informatika menggunakan System Usability Scale (SUS) hasil yang didapatkan berada pada skor 61,64 “marginally acceptable” (sedikit dapat diterima) pada peringkat D. Rata-rata skor usability pada website jika menggunakan metode System Usability Scale (SUS) adalah 68, dapat diartikan bahwa usability Website Praktikum Laboratorium Informatika tergolong rendah. Untuk memenuhi unsur usability yang rendah tersebut, salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah user interface. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi model desain user interface untuk Website Praktikum Laboratorium Informatika menggunakan pendekatan Goal-directed Design. Pendekatan Goal-directed Design adalah sebuah pendekatan yang berfokus untuk memahami kebutuhan, perilaku dan tujuan dari pengguna untuk membuat sebuah user interface. Dalam pengerjaannya pendekatan tersebut memiliki beberapa tahapan mulai dari research, modeling, requirements definitions, framework hingga refinement. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah rancangan user interface yang memiliki nilai usability yang baik.

Subjek

DESIGN USER INTERFACE
 

Katalog

Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Web Menggunakan Pendekatan Goal Directed Design (Studi Kasus: Website Praktikum Laboratorium Informatika)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHIFARI FAZLUL MAKMUR
Perorangan
MIRA KANIA SABARIAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini