APLIKASI MOBILE SURVEI KUALITAS DAN DEBIT AIR BERBASIS FIREBASE STUDI KASUS PDAM KABUPATEN MADIUN

RAY SAMUDRA BAGAS DANIARSYAH

Informasi Dasar

22.04.713
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas air menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan baik oleh komsumen atau distributor air. Bagi konsumen tentunya kualitas air harus baik karena akan merupakan kebutuhan primer mereka untuk digunakan dan dikonsumsi setiap hari. Distributor air seperti PDAM usaha daerah yang bergerak dalam mendistribusikan air tentunya perlu memerhatikan kualitas air dan juga debit air demi menjaga kelayakannya dan memberikan kenyamanan bagi konsumennya.

Untuk memantau kualitas air dan debit air dibuatlah sebuah alat untuk mendeteksi berbagai komposisi dan faktor yang menpengaruhi air seperti kadar PH, suhu, kekeruhan, debit air, dan lainnya. Pemantauan atau monitoring pada alat tersebut diperlukan sebuah software yang dapat dipahami oleh pengguna, dibuatlah sebuah dasbor yang berisikan informasi-informasi yang didapat dari alat yang telah diimplementasikan untuk mengetahui kualitas air dan debit air, aplikasi dasbor ini dibuat untuk platform smartphone yang berbasis Firebase Realtime Database yang berisikan informasi tersebut.

Dibuatnya aplikasi ini agar pengguna atau pemantauan kualitas air menjadi lebih mudah dan fleksibel untuk dilakukan. Informasi yang diterima juga merupakan informasi yang terjadi secara langsung (realtime) maka informasi yang didapat berupa data aktual. Fleksibilitas yang dimana aplikasi ini dapat mempermudah pemantauan bisa dari mana saja tanpa perlu pemantau datang ke lokasi, dengan aplikasi ini sangat mempermudahnya dalam akses informasi terhadap kualitas air dan debit air dimana saja dan kapan saja.

Aplikasi yang telah dibentuk dan diimplementasikan di lapangan berserta pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bila aplikasi ini telah memenuhi 22/22 dari kebutuhan sistem yang diminta oleh pihak PDAM Kabupaten Madiun yang bertujuan untuk survei lapangan.

Kata Kunci: Debit Air, Firebase, Kualitas Air, Monitoring, Realtime.

Subjek

INTERNET OF THINGS
MOBILE PROGRAMMING,

Katalog

APLIKASI MOBILE SURVEI KUALITAS DAN DEBIT AIR BERBASIS FIREBASE STUDI KASUS PDAM KABUPATEN MADIUN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAY SAMUDRA BAGAS DANIARSYAH
Perorangan
UMAR ALI AHMAD, JATI SATRIA WICAKSANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini