Representasi Kritik Sosial Film Dokumenter "Indonesia's First All-Transgirlband: Amuba" (Analisis Semiotika Roland Barthes)

REGIN SEPTIANI

Informasi Dasar

22.04.607
070.18
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perilaku seksual yang menyimpang di Indonesia masih dianggap menjadi suatu hal yang tidak lazim karena budaya Indonesia yang cenderung ketimuran dan berpedoman pada ajaran agama. Polemik mengenai LGBT pada saat ini terbagi dengan adanya pro dan kontra. Terkait dengan fenomena yang terjadi, salah satu film dokumenter mengenai transeksual waria yaitu Tamara Pertamina, Vanessa Mouriz, Jessica Ayu Lesmana dan Nike Faradilla yang tergabung menjadi trans-girlband bernamakan “Amuba”. Mereka menceritakan kehidupannya menjadi pengamen waria dimana mereka begitu difitnah dan menghadapi diskriminasi yang berkelanjutan. Hal tersebut menyebabkan adanya permasalahan sosial yang disebabkan oleh anggapan masyarakat mengenai perbedaan. Serta akan munculnya kritik sosial yang dibuat untuk memperbaiki permasalahan ini. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada representasi kritik sosial yang terdapat dalam film dokumenter “Indonesia’s First All-Trans Girlband: Amuba”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma kritis menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian yang terkandung dalam film dokumenter ini membuktikan adanya kritik sosial yang diakibatkan oleh permasalahan sosial disekitar masyarakat yang tidak bisa menerima perbedaan, hal tersebut menyebabkan adanya diskriminasi terhadap kaum – kaumminoritas khsusnya waria.

Subjek

DOCUMENTARY FILMS
 

Katalog

Representasi Kritik Sosial Film Dokumenter "Indonesia's First All-Transgirlband: Amuba" (Analisis Semiotika Roland Barthes)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REGIN SEPTIANI
Perorangan
RENI NURAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini