PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE EIGER (Studi Kasus Pada Tweet @duniadian Mengenai Surat Keberatan dari PT Eigerindo Multi Produk Industri)

SANTA ROMA KRISNA

Informasi Dasar

22.04.596
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi dan informasi khususnya dalam media sosial membuat masyarakat mudah dalam mendapatkan maupun membagikan informasi mengenai suatu produk ataupun perusahaan. Munculnya tweet dari @duniadian yang membahas mengenai surat keberatan yang diberikan PT. Eiger Multi Produk Industri kepadanya menimbulkan kegemparan di media sosial khususnya di Twitter. Berbagai macam respon yang ditulis masyarakat melalui kolom tweet balasan pada akun @duniadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh electronic word of mouth terhadap brand image Eiger setelah @duniadian membuat tweet mengenai surat keberatan dari PT. Eiger Multi Produk Industri. Metode penelitian yang dilakukan yaitu studi kasus, dengan menggunakan teknik non-probability sampling kepada 100 responden. Variabel bebas electronic word of mouth diantaranya platfrom assistance, venting negative feeling, concern for other consumer dan advice seeking. Variabel terikat brand image diantaranya citra perusahaan, citra pemakai, citra produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kesioner online kepada pengguna Twitter yang mengetahui kasus tersebut. Dengan menggunakan analisis deskriptif, didapatkan hasil bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap brand image Eiger. Dalam mengetahui seberapa besar pengaruh pada kedua variabel maka data akan dianalisis menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 15,4% varibel X yaitu electronic word of mouth membagikan variasi perubahan terhadap variabel Y brand image.
Kata kunci: E-wom, Brand Image, Twitter, dan Eiger.

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE EIGER (Studi Kasus Pada Tweet @duniadian Mengenai Surat Keberatan dari PT Eigerindo Multi Produk Industri)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SANTA ROMA KRISNA
Perorangan
RAH UTAMI NUGRAHANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini