SISTEM MONITORING MUTU LINGKUNGAN HIDUP PADA KANDANG LARVA BLACK SOLDIER FLY TERINTEGRASI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

MUHAMMAD TEGAS WIBISONO

Informasi Dasar

22.04.503
621.392
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Budidaya larva Black Soldier Fly sedang meningkat karena selain dapat membantu mengurai limbah organik, larva yang dihasilkan juga memiliki nilai ekonomis untuk dijadikan pakan ternak unggas dan ikan. Mutu lingkungan hidup pada kandang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan larva Black Soldier Fly. Suhu kandang, kelembaban pakan, dan kadar pH pakan yang kurang tepat dapat menurunkan hasil perkembangbiakan larva BSF. Pengembangbiak harus melakukan pengukuran pada parameter-parameter tersebut agar dapat menganalisa mutu lingkungan hidup yang optimal untuk memaksimalkan pertumbuhan larva BSF. Tentunya akan cukup merepotkan jika pengukuran berkala dilakukan secara manual. Salah satu solusinya adalah merancang sistem monitoring yang ditempatkan pada kandang berbasis Internet of Things (IoT).

Pada Tugas Akhir ini dirancang suatu sistem monitoring untuk mengetahui nilai mutu lingkungan hidup pada kandang larva BSF. Data yang didapat dari hasil pembacaan sensor kemudian dikirim ke database atau platform IoT Antares. Hasil pengujian yang didapat untuk nilai rata-rata akurasi sensor SHT20 sebesar 99.51%, rata-rata akurasi sensor SEN0193 sebesar 98.76%, dan rata-rata akurasi sensor pH sebesar 99.39%. Kemudian hasil pengujian sistem komunikasi didapat nilai rata-rata kecepatan pengiriman data sensor ke Antares sebesar 2598 bps, rata-rata delay pengiriman data sensor ke Antares sebesar 1404 ms atau 1.4 detik, dan tidak ada paket yang hilang dalam pengiriman. Data tersebut dapat dilihat atau diakses melalui mobile app Android disertai keterangan tiap parameternya. Pada aplikasi juga ditambahkan fitur manajemen waktu panen untuk mempermudah pengguna dalam menyimpan tanggal awal dan tanggal akhir siklus.

Subjek

INTERNET OF THINGS
SENSOR,

Katalog

SISTEM MONITORING MUTU LINGKUNGAN HIDUP PADA KANDANG LARVA BLACK SOLDIER FLY TERINTEGRASI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD TEGAS WIBISONO
Perorangan
RIZKI ARDIANTO PRIRAMADHI, ISTIQOMAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini