ANALISIS KUALITAS LAYANAN MHEALTH PADA REVIEW PENGGUNA APLIKASI KESEHATAN INDONESIA MENGGUNAKAN METODE TEXT MINING (STUDI KASUS : ALODOKTER DAN HALODOC)

NADYA PARAMITA

Informasi Dasar

22.05.009
658.382
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Transformasi digital layanan kesehatan menyebabkan meningkatnya jumlah penyedia layanan kesehatan digital di Indonesia. Digitalisasi pelayanan kesehatan menjadikan muncul perubahan besar dalam hal ekpektasi konsumen terhadap layanan yang ditawarkan. Selain itu penyedia layanan kesehatan semakin berkompetisi untuk mengembangkan layanan kesehatan digital berbasis smartphone yang disebut mhealth. Semakin banyaknya penyedia layanan kesehatan muncul kekhawatiran terkait kualitas layanan. Adanya kekurangan dalam kualitas layanan mampu mempengaruhi kepuasan pengguna, penggunaan selanjutnya dan quality of life layanan mhealth.

Pengguna layanan kesehatan saling membagikan pengalaman serta ulasannya pada platform online. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi pengguna terhadap layanan mhealth di Indonesia berdasarkan mhealth service quality dengan pendekatan big data. Penelitian ini menggunakan metode text mining berasal dari hasil review pengguna aplikasi Alodokter dan Halodoc. User generated content dikumpulkan dari platform Google Play Store dalam periode April hingga Desember 2020. Berdasarkan analisis sentiment, Alodokter memiliki perfoma baik dengan 73% positif dan 27% negatif sedangkan Halodoc juga didominasi dengan 86% positif dan 14% negatif. Review pengguna dikelompokkan berdasarkan tiga dimensi mhealth service quality dengan multiclass classification. Dimensi yang memiliki penilaian positif tertinggi pada Alodokter dan Halodoc adalah perceived outcome quality. Melalui text network analysis dapat diketahui jaringan kata yang sering muncul dalam review pengguna. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi dalam melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan mhealth di Indonesia.

Subjek

HEALTH AND SAFETY PROGRAMS
 

Katalog

ANALISIS KUALITAS LAYANAN MHEALTH PADA REVIEW PENGGUNA APLIKASI KESEHATAN INDONESIA MENGGUNAKAN METODE TEXT MINING (STUDI KASUS : ALODOKTER DAN HALODOC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA PARAMITA
Perorangan
Siska Noviaristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini