ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PRODUK SMARTPHONE DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DAN WORD CLOUD (STUDI KASUS: IPHONE 12, IPHONE 12 MINI, IPHONE 12 PRO DAN IPHONE 12 PRO MAX)

JAMILA HUSNA NURAINI

Informasi Dasar

22.04.310
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengguna smartphone secara global terus meningkat dan menyebabkan perusahaan-perusahaan yang memproduksi Smartphone bermunculan untuk bersaing pada industri smartphone. Salah satunya adalah Apple Inc. yang memproduksi iPhone. Apple Inc. merupakan perusahaan dengan peringkat pertama di dunia dalam hal teknologi dan baru saja merilis produk terbarunya yaitu iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro max. Meskipun begitu, Apple Inc. hanya mendapatkan peringkat ketiga perusahaan smartphone dengan market share terbesar di dunia. Di samping itu media sosial Twitter kini menghasilkan User Generated Content (UGC) yang membentuk Big Data atau data yang berukuran sangat besar. User Generated Content dapat dimanfaatkan untuk memperluas pangsa pasar dengan mengetahui sentimen dari konsumen iPhone 12 series yang membagikan review atau pengalamannya dalam menggunakan iPhone 12 series di Twitter. Text mining dengan analisis sentimen dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui sentimen positif serta negatif pengguna Twitter mengenai iPhone 12 series, dan menampilkan hasil sentimen positif dan negatif pengguna Twitter mengenai iPhone 12 series. Analisis sentimen dalam penelitian ini menggunakan metode klasifikasi Naïve Bayes, Support Vector Machine dan pembuatan Word Cloud.

Kata Kunci: Smartphone, User Generated Content (UGC), Twitter, Naïve Bayes, SVM, Word Cloud.

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PRODUK SMARTPHONE DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DAN WORD CLOUD (STUDI KASUS: IPHONE 12, IPHONE 12 MINI, IPHONE 12 PRO DAN IPHONE 12 PRO MAX)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JAMILA HUSNA NURAINI
Perorangan
Gadang Ramantoko, Eva Nurhazizah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomuniksi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini