ANALISIS BRAND AWARENESS ONLINE TRAVEL AGENT BERDASARKAN INTERAKSI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI KASUS: TRAVELOKA, TIKET.COM, TRIVAGO, AGODA, DAN PEGIPEGI)

GINA PANGESTIKA DAMAYANTI SURADIHARDJO

Informasi Dasar

22.04.304
381.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era yang serba digital seperti saat ini, pembelian barang dan jasa banyak beralih ke pembelian online termasuk untuk keperluan liburan. Banyak masyarakat yang memanfaatkan pembelian keperluan liburan seperti pemesanan tiket pesawat, kereta api, dan booking hotel secara online di aplikasi online travel agent. Pada penelitian ini, online travel agent yang digunakan sebagai objek penelitian yaitu Traveloka, Tiket.com, Trivago, Agoda, dan Pegipegi. Online travel agent tersebut digunakan karena merupakan OTA terbaik di Indonesia berdasarkan lembaga Top Brand Award. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis brand awareness pada online travel agent Traveloka, Tiket.com, Trivago, Agoda, dan Pegipegi. Brand awareness berfungsi untuk mengetahui kehadiran produk serta layanan suatu perusahaan atau merek muncul di benak konsumen. Analisis brand awareness dilakukan dengan cara memeringkat online travel agent dengan membandingkan properti SNA. Properti SNA yang digunakan pada penelitian ini yaitu size, modularity, diameter, average degree, dan average path length. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Social Network Analysis (SNA). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data user generated content (UGC) yang berasal dari media sosial Twitter. Data UGC tersebut diambil dengan teknik crawling data menggunakan software R Studio dengan rentang waktu selama 30 hari yang dimulai pada tanggal 1 Desember 2020 sampai 30 Desember 2020. Data yang telah berhasil diambil kemudian dilakukan preprocessing data dengan cara menghilangkan tweet yang tidak relevan supaya memudahkan proses visualisasi data. Hasil dari data UGC yang telah bersih yaitu berupa visualisasi jaringan sosial serta perhitungan properti SNA setiap merek online travel agent Traveloka, Tiket.com, Trivago, Agoda, dan Pegipegi menggunakan software Gephi. Perhitungan properti SNA yang telah terhitung kemudian dilakukan perbandingan dengan cara memeringkat properti SNA yang digunakan. Hasilnya, merek online travel agent yang baik dalam brand awareness diduduki oleh Traveloka di peringkat pertama, Pegipegi di peringkat kedua, dan Tiket.com diperingkat ketiga. Menentukan brand awareness dengan menggunakan metode SNA dapat menjadi alternatif dalam menentukan Top of Mind Awareness. Top of Mind Awareness merupakan tingkatan tertinggi pada piramida Brand Awareness. Metode SNA ini dapat menjadi cara baru bagi perusahaan untuk mengetahui seberapa besar mereknya disadari oleh konsumen dengan cara yang cepat, murah, dan real time, karena perusahaan hanya memerlukan data yang banyak tersebar di berbagai situs internet. Untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti sentiment analysis menggunakan metode text analysis.

Subjek

BRAND AWARENESS
 

Katalog

ANALISIS BRAND AWARENESS ONLINE TRAVEL AGENT BERDASARKAN INTERAKSI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI KASUS: TRAVELOKA, TIKET.COM, TRIVAGO, AGODA, DAN PEGIPEGI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GINA PANGESTIKA DAMAYANTI SURADIHARDJO
Perorangan
Herry Irawan, Tri Widarmanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomuniksi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini