KLASIFIKASI HOTEL REVIEW MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

M FARHAN SANGAJI B

Informasi Dasar

22.04.279
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Bandung adalah salah satu kota yang populer dikunjungi oleh wisatawan, Kota Bandung terkenal karena banyak tempat untuk berwisata belanja, kuliner, sejarah dan budaya. Setiap tahun, kota bandung banyak di kunjungi oleh wisatawan yang membuat hotel menjadi salah satu tempat yang paling di cari sebagai akomidasi wisatawan. Umumnya para wisatawan melakukan pencarian hotel melalui website maupun situs e-commerce.

Dalam mencarian tempat menginap yang nyaman oleh para wisatawan bisa dilakukan berdasarkan rating yang muncul maupun dari hotel review yang ada pada website atau e-commerce yang ada. Hotel review merupakan kumpulan komentar dari pengguna layanan yang pernah menempati hotel tersebut. Hotel review banyak sekali digunakan bagi para wisatawan untuk mengetahui apakah kondisi hotel yang akan dipesan atau ditempati sesuai dengan yang diinginkan. Dibutuhkan suatu metode untuk mengklasifikasikan komentar positive dan negative yang ada di website maupun situs e-commerce sehingga wisatawan dapat menilai kondisi hotel yang akan di pesan. Dalam tugas akhir ini digunakan metode naïve bayes untuk mengklasifikasikan komentar positive dan negative.

Naïve bayes merupakan suatu metode yang menggunakan klasifikasi statistic yang dapat memprediksi kelas suatu probabilitas. Klasifikasi Bayes sederhana lebih dikenal dengan sebutan Naïve Bayesian Classifier. Dalam tugas akhir ini pengklasifikasian komentar akan berguna untuk pihak wisatawan atau pemesan dimana dengan adanya pengklasifikasian pada komentar dari situs e-commerce yang sudah ada para wisatawan jadi lebih mengetahui keadaan hotel yang akan di pesan. Setelah dibuatnya buku dan sistem ini, maka sistem ini dapat digunakan sebagai alat untuk pengklasifikasian emosi berdasarkan hotel review berbahasa Indonesia dengan hasil akurasi sebesar 96,67%

Kata Kunci : Text Mining,Hotel Reviews, Naïve Bayes

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

KLASIFIKASI HOTEL REVIEW MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M FARHAN SANGAJI B
Perorangan
Roswan Latuconsina, Rifki Wijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini