Analisis Business Model pada Program Modal Ventura (MOVE) dengan Menggunakan The Business Model Canvas (Studi Pada Program MOVE di Institut Manajemen Telkom)

VEBY ZHERA KANSIL

Informasi Dasar

13.04.576
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). IM Telkom didirikan sebagai bentuk tanggung jawab PT. Telkom untuk menjadi Good Corporate Citizenship yang ingin berkontribusi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu bentuk nyata kontribusi tersebut adalah dengan diadakannya program MOVE, dimana program ini bertujuan untuk mendukung dan membantu kegiatan entrepreneurship yang dilakukan oleh mahasiswa dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) grup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis yang diterapkan oleh ketujuh unit bisnis yang tergabung dalam unit bisnis binaan gelombang pertama. Tetapi data lapangan yang di dapatkan hanya terdapat enam unit bisnis sebagai informan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori the business model canvas dan teori modal ventura. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Kampus Institut Manajemen Telkom Gegerkalong dan Kampus Institut Manajemen Telkom Dayeuh Kolot. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli 2012 sampai bulan Maret 2013. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dan tipe analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan in-depth interview sebagai teknik pengumpulan data primer. Hasi dari penelitian ini yaitu : semua unit bisnis telah menerapkan model bisnis dengan unsur-unsur yang mendekati konsep The Business Model Canvas namun dalam prakteknya model bisnis tersebut masih diaplikasikan secara sederhana oleh masing-masing pemilik usaha karena kurang atau masih sedikitnya pemahaman tantang model bisnis khususnya Business Model canvas. Rekomendasi yang dapat dilakukan unit bisnis tersebut diantaranya adalah dengan membangun sebuah model bisnis yang tepat untuk mendukung bisnis tersebut berjalan. Saran untuk program MOVE yaitu membuat event-event yang menguntungkan serta membuka jalan bagi para unit bisnis dan menciptakan sebuah incubator yang bertujuan untuk memberikan pembinaan dan pendampingan bagi unit bisnis. Sedangkan untuk Yayasan Pendidikan Telkom, harus ada kegiatan monitoring dari pihak YPT untuk memastikan kegiatan program MOVE berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan program kerja yang telah disepakati.

Kata kunci : Entrepreneurship, model bisnis, business model canvas, modal ventura

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
STRATEGIC MANAGEMENT, BUSINESS STRATEGY

Katalog

Analisis Business Model pada Program Modal Ventura (MOVE) dengan Menggunakan The Business Model Canvas (Studi Pada Program MOVE di Institut Manajemen Telkom)
 
xi, 119p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VEBY ZHERA KANSIL
Perorangan
Ratna L. Nugroho
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, MBTI
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini