Analisis Kualitas Website E-Commerce Tokopedia terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 di Indonesia (Studi pada Konsumen E-commerce Tokopedia)

LUCKY DWI YUDHI KURNIAWAN

Informasi Dasar

22.04.225
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat mempengaruhi banyak aspek kehidupan dalam masyarakat, salah satunya adalah internet. Internet memberikan kemudahan dalam komunikasi, mencari informasi secara cepat, dan bahkan melakukan aktifitas jual beli secara online. Kemudahan dalam bertukar informasi ini dilihat oleh para pelaku bisnis sebagai peluang untuk meningkatkan bisnis mereka. Tokopedia adalah salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Tokopedia sudah menjadi website e-commerce yang sering dikunjungi pengguna internet untuk jual beli maupun jasa lainnya. Salah satu faktor penting kepuasan pengguna adalah kualitas website. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas website Tokopedia terhadap kepuasan pengguna. Kualitas website yang diteliti adalah terdiri dari usability, information quality,dan interaction service quality. Pengukuran kualitas website menggunakan metode Webqual 4.0. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Jumlah sampel sebesar 385 responden yaitu konsumen yang pernah menggunakan dan melakukan transaksi berbelanja minimal sekali melalui website Tokopedia di Indonesia.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan pengaruh kualitas website terhadap kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 65,8% berdasarkan persepsi responden. Selain hal tersebut, terdapat faktor lain di luar ketiga variabel kualitas website yang ikut mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 34,2%. Pengaruh usability terhadap kepuasan pengguna berpengaruh secara signifikan secara parsial dengan nilai t hitung 4,891 > 1,96. Pengaruh information quality terhadap kepuasan pengguna berpengaruh secara signifikan secara parsial dengan nilai t hitung 3,945 > 1,96. Pengaruh interaction service quality terhadap kepuasan pengguna berpengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung 8,109 >1,96. Penilaian kualitas website secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan nilai sebesar 81%. Mayoritas responden menjawab setuju dengan tiga variabel yang diteliti dalam kualitas website. Website e-commerce Tokopedia mampu memberikan pelayanan pada penggunanya agar terus menerus melakukan pembelian dan mengakses fitur- fitur menarik.

Kata kunci: E-Commerce, Website Quality, Webqual 4.0, Kepuasan Pengguna

Subjek

WEBSITE-QUALITY
 

Katalog

Analisis Kualitas Website E-Commerce Tokopedia terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 di Indonesia (Studi pada Konsumen E-commerce Tokopedia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUCKY DWI YUDHI KURNIAWAN
Perorangan
NURVITA TRIANASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini