PERANCANGAN MOTIF DIGITAL BERBASIS BITMAP DENGAN INSPIRASI TENUN ULOS

NAOMI AGUSTINA SINAGA

Informasi Dasar

22.04.055
646.407 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini, teknologi digital sangat membantu desainer dalam pengolahan motif industri fashion. Pengolahan tersebut dapat diaplikasian motif kedalam lembar kain dengan memanfaatkan software digital yang menggunakan prinsip dasar terbagi atas vector dan bitmap. Salah satu aplikasi yang digunakan dalam proses pembuatan motif adalah aplikasi adope photoshop. Dengan menggunakan aplikasi adope photoshop kita dapat menemukan potensi visual baru dari kebudayaan Indonesia salah satunya adalah kain motif kain tenun Ulos di Indonesia masih sangat jarang bahkan masih sebatas penelitian yang menggunakan menggunakan aplikasi vector dan bitmap. Salah satunya adalah penelitian Riztia Nilfarisa (2019) dan Mentari (2019) yang mengangkat kain Songket Siang dari Riau dan Kain tenun Cual dari Bangka Belitung yang menggunakan aplikasi berbasis vector.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan study literature, observasi yang mengumpulkan data tentang perancangan motif digital berbasis bitmap dengan inspirasi kain tenun Ulos. Kemudian dilakukan metode eksplorasi, dengan melakukan beberapa teknik dengan tujuan mengenali, menguasai, dan teknik pengolahan motif serta menentukan dan menganalisaobjek penelitian yang akan digunakan sebagai eksplorasi dengan aplikasi adobe photoshop.

Hasil penelitian ini berupa inovasi dari motif tenun Ulos dengan menggunakan teknik simetri repetisi pattern dengan penggayaannya menjadi yang lebih modern. Motif tenun Ulos mempunyai potensi yang sangat besar ketika diolah dengan menggunakan aplikasi bitmap. Untuk komposisi motif tenun Ulos yang sudah diolah, memiliki detail segitiga, garis hingga isen – isen motif yang abstrak namun memiliki nilai estetika yang tinggi. Begitu juga dengan warna yang akan dihasilkan adalah seperti warna -warna elemen bumi, dan aurora. Hasil dari pengolahan visual motif tenun kemudian akan diaplikasikan kedalam sebuah lembaran kain yaitu Balloteli yang berukuran 200 cm x 110 cm dengan menggunakan teknik digital print.

Kata kunci : Motif, Digital Motif, Tenun Ulos

Subjek

PATTERN DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN MOTIF DIGITAL BERBASIS BITMAP DENGAN INSPIRASI TENUN ULOS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAOMI AGUSTINA SINAGA
Perorangan
MORINTA ROSANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini