PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI KOPI BAHAMAS

HAKIM SUKMA AJI

Informasi Dasar

22.04.016
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Konsumsi kopi dan pengguna Instagram di Indonesia mendapati kenaikan yang signifikan tiap tahun. Bandung sendiri merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak kedai kopi dan pengguna Instagram di dalam nya. Salah satu dari banyak kedai kopi tersebut adalah Bahamas, kedai kopi spesial satu-satu nya di lingkungan Telkom University dan menggunakan Instagram sebagai alat untuk berkomunikasi dengan konsumen atau calon konsumen. Dengan data konsumsi kopi dan pengguna Instagram yang meningkat, namun Bahamas malah menunjukkan kebalikan nya yang didapatkan pada tren penjualan Bahamas yang malah menurun.

Tujuan penelitian ini dilakukan adaah untuk mengetahui pemasaran media sosial dan keputusan pembelian pada Bahamas dan seberapa besar pengaruh pada dua variabel tersebut. Dimensi yang diteliti pada pemasaran media sosial adalah content creation, content sharing, connections dan community building. Sedangkan pada keputusan pembelian adalah pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian.

Fenomena penelitian ini dianalisis dengan meggunakan metode kuantitatif, dengan tujuan deskriptif, tipe penyelidikan kausal, peneliti tidak mengintervensi data, unit analisis individual dan waktu pelaksanaan cross sectional. Untuk populasi dan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik Purposive sampling kepada seratus responden dan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana menggunakan SPSS versi dua puluh lima. Populasi yang dipakai adalah konsumen Bahamas yang mengikuti Instagram Bahamas.

Hasil analisis deskriptif rata-rata pada 11 item pernyataan pada variabel pemasaran media sosial adalah 81,5% sedangkan pada 10 item pernyataan pada keputusan pembelian adalah 83,1% dengan menggunakan 100 responden. Uji hipotesis yang dilakukan menyimpulkan bahwa H1 diterima dengan hasil T hitung > T tabel (19,680 > 1,984) maka disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian pada Bahamas.

Hasil dari kesimpulan penelitian ini menghasilkan saran bahwa Bahamas sudah masuk ke dalam kategori baik dalam melakukan pemasaran media sosial dan keputusan pembelian, namun masih dapat ditingkatkan lagi. Penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk Bahamas dan penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Pemasaran Media Sosial dan Keputusan Pembelian

Subjek

MANAJEMEN
 

Katalog

PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI KOPI BAHAMAS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAKIM SUKMA AJI
Perorangan
ADHI PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini