Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Return On Equity (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2016-2019)

RAHMA DWI ANIZA

Informasi Dasar

22.04.012
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kegiatan operasional perusahaan dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan dan masyarakat disekitarnya yang berpengaruh pada kelangsungan hidup perusahaan. Pengungkapan sustainability report merupakan upaya yang dilakukan perusahaan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawabannya dalam memberikan kontribusi bagi lingkungan dan masyarakat. Selain itu, sustainability reporting merupakan salah satu indikator penilaian yang dipertimbangkan oleh investor ketika akan membuat keputusan investasi dan dapat memengaruhi profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap profitabilitas perusahaan. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2019. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode content analysis dengan sumber laporan keberlanjutan perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yang menghasilkan jumlah sampel penelitian sebanyak 5 perusahaan sektor konstruksi bangunan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel, uji T (uji pengaruh secara parsial), dan uji F (uji pengaruh secara simultan). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan sustainability reporti dan profitabilitas perusahaan. Pengungkapan sustainability report sebagai variabel independen dinilai berdasarkan ketiga aspeknya, yaitu aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Sedangkan profitabilitas perusahaan sebagai variabel dependen dinilai berdasarkan Return on Equity (ROE). Berdasarkan hasil pengujian, secara simultan variabel independen yang terdiri dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan sustainability reporting memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan indikator Return on Equity. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa aspek ekonomi berpengaruh negatif signifikan, aspek sosial berpengaruh positif signifikan, sedangkan aspek lingkungan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROE perusahaan.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Return On Equity (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMA DWI ANIZA
Perorangan
ASTRIE KRISNAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini