PENGAMANAN CLOUD STORAGE DENGAN PENERAPAN SSL (SECURE SOCKET LAYER) MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA KRIPTOGRAFI RSA BERBASIS APLIKASI WEBSITE

ZHAFIR MUBASHAR AHMAD

Informasi Dasar

21.04.4705
332.632
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Cloud storage merupakan sebuah tempat penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan dengan menggunakan media penyimpanan cloud. Pengguna dapat menyimpan data mereka melalui jarak jauh dan menikmati layanan cloud berkualitas tinggi sesuai permintaan tanpa membebani penyimpanan dan pemeliharaan data lokal. Namun paradigma baru ini memang memicu banyak masalah keamanan. Perhatian utama adalah bagaimana memastikan integritas data yang di-outsource.

Belakangan ini protokol dinamis yang sangat efisien untuk penyimpanan data berbasis cloud diusulkan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu masalah penting dalam penyimpanan cloud adalah memastikan keamanan data para pengguna cloud. Evaluasi kinerja menunjukkan bahwa algoritma kriptografi RSA dapat digunakan untuk keamanan data pada sebuah media penyimpanan cloud.

Dari penelitian yang dilakukan didapat kesimpulan bahwa, dengan menggunakan algoritma RSA didapat keamanan pada data pengguna di cloud storage, karena data pengguna telah dienkripsi oleh algoritma RSA sebelum data tersebut disimpan di server. Data pengguna cloud storage akan dienkripsi agar tidak terjadi kebocoran data di cloud.

Kata Kunci: Cloud storage, server, cloud, algoritma kriptografi RSA.

Subjek

Security data
 

Katalog

PENGAMANAN CLOUD STORAGE DENGAN PENERAPAN SSL (SECURE SOCKET LAYER) MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA KRIPTOGRAFI RSA BERBASIS APLIKASI WEBSITE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZHAFIR MUBASHAR AHMAD
Perorangan
Yudha Purwanto, Faris Ruriawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini