Pengaruh Diversifikasi, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang terdaftar di BEI 2016-2020)

HADAR RAHMAT KURNIANTO

Informasi Dasar

21.04.4631
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Struktur modal merupakan kunci keputusan pendanaan di sebuah perusahaan, sebab baik buruknya struktur modal hendak berakibat langsung terhadap posisi finansial perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diversifikasi, profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal baik secara parsial maupun simultan terhadap struktur modal perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Purposive sampling merupakan metode yang diterapkan dalam pengambilan sampel penelitian dan sampel yang diteliti berjumlah 38 perusahaan dari populasi 79 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang bersumber dari BEI. Model regresi data panel digunakan sebagai model untuk menguji pengaruh variabel profitabilitas, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap struktur modal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Diversifikasi, profitabilitas, dan likuiditas masing-masing tidak mempengaruhi struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian, pihak investor disarankan untuk berinvestasi pada perusahaan yang berukuran besar dan memiliki pertumbuhan penjualan yang baik agar investasi yang dilakukan dapat memberikan sebuah keuntungan yang maksimal dan resiko investasi yang rendah. Manajemen perusahaan disarankan untuk memperbesar ukuran perusahaan dan mempertahankan pertumbuhan penjualan yang baik agar dapat memperoleh struktur modal yang optimal serta dapat menarik minat investor untuk berinvestasi pada perusahaan.

Kata kunci : Struktur Modal, Diversifikasi, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Diversifikasi, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang terdaftar di BEI 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HADAR RAHMAT KURNIANTO
Perorangan
Farida Titik Kristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini