Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan Sebelum dan Sesudah Pelaksanaan Employee Stock Option Program (ESOP) (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020)

WANDHA AYU NURALIFAH AERAWATI

Informasi Dasar

21.04.4181
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja perusahaan menjadi isu penting, terutama di era globalisasi ini karna kinerja perusahaan merupakan tolak ukur keberhasilan manajer dalam menjalankan suatu perusahaan. Indikator yang sering digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan adalah return kepada pemilik dan nilai perusahaan, untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara pemegang saham dan manajemen untuk memperoleh return yang tinggi dan meningkatkan kinerja perusahaan. Namun penyatuan kepentingan kedua pihak sulit dicapai sehingga timbul masalah yang dikenal sebagai masalah keagenan. Penerapan Employee Stock Option Program merupakan salah satu cara agar tidak terjadi konflik kepentingan antara pemilik dan manajemen perusahaan Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah penerapan Employee Stock Option Program dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan melakukan perhitungan pada data kuantitif. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang listing di BEI pada periode 2015-2020 dan sampel pada penelitian ini adalah perusahaan nonkeuangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired sampel t-test dengan waktu penelitian tiga tahun sebelum dan tiga tahun sesudah penerapan Employee Stock Option Program. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap penerapan Employee Stock Option Program yang diukur dengan rasio Profitabilitas Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin karena penerapan Employee Stock Option Program belum bisa meningkatkan motivasi karyawan untuk mengembangkan kinerjanya sehingga perusahaan yang menerapkan belum dapat meningkatkan laba perusahaan. Selain itu, pembagian saham yang ditujukan pada karyawan relatif rendah dari total keseluruhan saham perusahaan yang dibagikan. Saran yang dapat peneliti berikan ialah menambah atau mengganti indikator variable yang diteliti dengan indikator variabel lainnya misalnya mengganti rasio selain Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin. Lalu dengan topik yang sama dapat menambah tahun penelitian sehingga akan menambah sampel perusahaan pelaksana Employee Stock Option program. diharapkan perusahaan dalam pengadopsian Employee Stock Option Program mempertimbangkan kinerja perusahaan dan perusahaan memberikan pemahaman yang lebih terhadap karyawan agar dapat berdampak terhadap kinerja perusahaan. Kata Kunci : Employee Stock Option Program, Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
ANALYSIS, EMPLOYEE

Katalog

Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan Sebelum dan Sesudah Pelaksanaan Employee Stock Option Program (ESOP) (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WANDHA AYU NURALIFAH AERAWATI
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini