ANALISIS PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI KOMUNITAS, INFLUENCER, DAN TOPIK PEMBICARAAN MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN TOPIC MODELLING (STUDI PADA STARTUP ZENIUS EDUCATION)

NI WAYAN NANIK SUARYANI TARO PUTRI

Informasi Dasar

21.05.095
658.84
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perkembangan teknologi yang pesat dalam satu dekade terakhir telah meningkatkan jumlah produk maupun layanan berbasis teknologi yang tersedia di Indonesia, termasuk layanan pendidikan berbasis teknologi (EdTech). Persaingan yang semakin ketat menuntut perusahaan EdTech untuk lebih efektif dan efisien dalam menjalankan aktifitas untuk mempertahankan posisi bisnis mereka, termasuk Zenius. Oleh karena itu penting bagi Zenius untuk mengadopsi strategi yang tepat dan menggunakannya untuk mencapai tujuan perusahaan, termasuk dalam merancang strategi pemasaran pada media sosial perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi, aktifitas pemasaran perusahaan telah melibatkan teknologi untuk mendukung pencapaian tujuan pemasaran, salah satunya adalah menggunakan media sosial Twitter. Konten yang dibuat pengguna di media sosial Twitter dapat dimanfaatkan perusahaan sebagai sumber untuk mendapatkan informasi mengenai pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengolah dan menganalisis konten yang dibuat pengguna di media sosial Twitter mengenai Zenius untuk menghasilkan wawasan yang berguna dalam perancangan taktik pemasaran pada media sosial Twitter perusahaan. Data konten yang besar menyebabkan perlunya metode dan teknik khusus dalam mengolah data. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode social network analysis dan topic modelling untuk mengolah data. Metode social network analisis digunakan untuk mengidentifikasi jumlah komunitas yang terbentuk serta mengidentifikasi influencer dalam jaringan sosial dengan melakukan pengukuran metrik modularity dan metrik centrality. Sedangkan metode topic modelling digunakan untuk mengekstrasi data dan menemukan topik tersembunyi dari suatu dokumen dengan menggunakan teknik latent dirichlet allocation. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1.952 komunitas yang terbentuk dalam jaringan sosial Zenius. Sedangkan influencer dalam jaringan sosial Zenius diantaranya adalah akun “@sbmptnfess”, “@schfess”, “@singkitdiary”, “@watsflow”, dan akun “@utbkfess”. Adapun topik yang paling banyak dibicarakan dalam jaringan sosial Zenius adalah topik terkait pendidikan, seperti topik mengenai berbagi catatan, ringkasan materi, dan pembahasan latihan soal Zenius untuk UTBK maupun Ujian Mandiri. Wawasan mengenai pasar ini kemudian melewati tahap analisis data kualitatif untuk menyusun rekomendasi taktik pemasaran pada media sosial yang dapat dilakukan Zenius. Adapun penelitian selanjutnya dapat melakukann analisis wawasan pemasaran lainnya yang dapat digunakan untuk menyusun taktik pemasaran pada media sosial yang lebih akurat.

Kata Kunci: Pemasaran, Media Sosial, EdTech, Social Network Analysis, Topic Modelling

Subjek

MARKETING
 

Katalog

ANALISIS PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI KOMUNITAS, INFLUENCER, DAN TOPIK PEMBICARAAN MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN TOPIC MODELLING (STUDI PADA STARTUP ZENIUS EDUCATION)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI WAYAN NANIK SUARYANI TARO PUTRI
Perorangan
INDRAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini