EVALUASI KESIAPAN FAKULTAS DALAM MEWUJUDKAN AGENDA ENTREPRENEURIAL UNIVERSITY (Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom)

VIRNA VIDYA YUSTITA

Informasi Dasar

21.05.093
658.421
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK Saat ini meningkatnya tuntutan pada sektor pendidikan tinggi dalam berkontribusi lebih terhadap perkembangan sosial-ekonomi mendorong bentuk baru kerjasama ilmu pengetahuan dan ekonomi terkait dengan proses globalisasi, perubahan ekonomi dan sosial yang dinamis, serta perkembangan ekonomi berbasis pengetahuan. Entrepreneurial university dalam perguruan tinggi merupakan konsep yang cukup baru. EU dalam arti tiga hal : universitas itu sendiri, anggota universitas (fakultas) dan interaksi universitas dengan lingkungan. Pemilihan objek dilandasi karena FEB memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang terdaftar cukup banyak selama 2016-2019. Jika dilihat dari teori EU, HKI merupakan sumber pengetahuan yang dapat dikomersialisasi menjadi startup yang bisa dijalankan oleh dosen dan mahasiswa. Melihat agenda EU di Telkom University harus tercapai pada tahun 2023, artinya fakultas masih memiliki waktu sekitar 2 tahun untuk melakukan penyesuaian pengelolaan program kewirausahaannya agar agenda EU di Telkom University dapat tercapai dengan efektif. Pada penelitian ini persiapan fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Telkom dalam mewujudkan agenda entrepreneurial university harus melaksanakan dimensi-dimensi dari EU itu sendiri, terdapat 8 dimensi untuk mewujudkan EU pada fakultas. 8 dimensi ini diteliti menggunakan metode kualitatif dengan responden narasumber wawancara yaitu dosen FEB yang memiliki jabatan tinggi seperti dekan, wakil dekan, serta dosen-dosen yang berhubungan dengan kewirausahaan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki banyak program-program yang disiapkan oleh fakultas untuk mendukung kegiatan EU ini, akan tetapi masih banyak dimensi yang perlu diperbaiki baik dari website maupun keterbukaan informasi antar mahasiswa, dosen dan staf. Peneliti memberikan berbagai macam saran praktis yang dapat dilakukan oleh fakultas dalam memperbaiki dan mengembangkan program-program untuk mendukung kegiatan Entrepreneurial University. Kata Kunci: Entrepreneurial university, Entreprenership, entrepreneur.

Subjek

ENTREPRENEURIAL
 

Katalog

EVALUASI KESIAPAN FAKULTAS DALAM MEWUJUDKAN AGENDA ENTREPRENEURIAL UNIVERSITY (Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIRNA VIDYA YUSTITA
Perorangan
ASTRI GHINA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini