Identifikasi Pendidikan Berkualitas Sustainable Development Goals 2030 Melalui Persepsi Mahasiswa (Pada Program Studi Magister Manajemen Universitas Telkom)

HENDRA PRASETYANWAR

Informasi Dasar

21.05.085
658.3
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB yang ke-70 membahas dan menghasilkan agenda pembangunan untuk seluruh negara tanpa terkecuali sehingga setiap negara memiliki peran dan tanggung jawab yang sama dalam mencapai tujuan dalam agenda ini. Agenda tersebut dinamakan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang memiliki 17 tujuan dengan 169 target yang mulai berlaku pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2030. Negara Indonesia sendiri telah serius dalam mendukung agenda ini. Diketahui bahwa sekolah bisnis memiliki potensi yang penting dalam pencapaian sustainability dalam organisasi. Hal ini dikarenakan sekolah bisnis sebagai pembentuk hubungan antar generasi pengetahuan dan transfer pengetahuan ke dalam bisnis dan masyarakat. Dengan melihat hal tersebut, peneliti ingin mengidentifikasi SDGs di dalam program studi Magister Manajemen Universitas Telkom terutama pada SDGs nomor 4 tentang quality education melalui persepsi mahasiswa dari program studi terkait. Dengan mengukur kesiapan program studi terhadap tujuan tersebut dan dengan mengukur tingkat pemahaman, kemampuan untuk mempromosikan, dan perilaku mahasiswa terhadap SDGs. Bentuk dari penelitian ini adalah kuantitatif, dengan kuesioner sebagai teknik mengambilan data lalu kuesioner tersebut akan disebarkan melalui aplikasi media sosial. Kriteria dari peneliti adalah mahasiswa aktif dari program studi Magister Manajemen Univeristas Telkom. Untuk mengukur variabel yang telah ditentukan peneliti menggunakan skala likert. Dalam menguji validitas, maka peneliti selalu menghubungi ahli dalam SDGs, hingga akhirnya mendapatkan perbaikan yang sesuai. Dengan melakukan analisa secara deksriptif dalam mengetahui kriteria dari variabel yang telah ditentukan oleh peneliti. Melalui hasil penelitian, tridharma yang sesuai dengan quality education pada program studi Magister Manajemen Universitas Telkom masuk pada kriteria baik, lalu performa SDG nomor 4 di dalam program studi juga masuk dalam kriteria baik. Dalam pemahaman mahasiswa tentang SDGs nomor 4 masuk dalam kategori sangat baik, lalu untuk keterampilan mahasiswa dalam mempromosikan SDG nomor 4 masuk dalam kategori baik dan kemampuan mahasiswa berprilaku sesuai dengan SDG nomor 4 masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan selama penelitian ini dilakukan, bahwa program studi Magister Manajemen Universitas Telkom melakukan tridharma yang sesuai dengan SDG nomor 4, program tersebut memiliki tingkat performa yang baik terhadap SDG nomor 4 dan mahasiswa program studi ini memiliki pemahaman yang sangat baik, kemampuan untuk mempromosikan SDGs nomor 4 dengan baik dan kemampuan berperilaku sesuai dengan SDG nomor 4 dengan baik.

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

Identifikasi Pendidikan Berkualitas Sustainable Development Goals 2030 Melalui Persepsi Mahasiswa (Pada Program Studi Magister Manajemen Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRA PRASETYANWAR
Perorangan
Ratna Lindawati Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini