Kepuasan Followers Dalam Mengikuti Akun @tribunnews di Instagram (studi deskriptif pada followers akun instagram @tribunnews)

MUHAMMAD RIVALDI SUKMA PINGGALA

Informasi Dasar

21.04.2406
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Diera digital saat ini, dengan adanya perubahan penyebaran informasi, masyarakat menjadi mudah untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi melalui media sosial, karena pengguna dapat mengakses dimanapun dan kapanpun. Perusahaan media tribunnews.com mampu mengikuti perkembangan teknologi digital ini. Selain menyebarkan informasi melalui koran dan portal berita, tribunnews.com menyebarkan juga melalui media sosial, salah satunya media sosial instagram. Dengan adanya akun instagram @tribunnews, tribunnews.com mampu memudahkan penggunanya untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga pengguna mendapat kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkat kepuasan followers akun instagram @tribunnews, dengan menggunakan teori uses and gratification. Menurut Palmgreen, ada dua konsep dari teori uses and gratification, yaitu gratification sought (kepuasan yang diharapkan) dan gratification obtained (kepuasan yang didapatkan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode survei kuesioner. Kuesioner disebarluaskan kepada 100 responden, dan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling kuota. Hasil pada penelitian ini didapatkan bahwa followers mendapat kepuasan pada akun instagram @tribunnews. Hal ini ditunjukan dengan perbandingan skor antara gratification sought dan gratification obtained, gratification sought memperoleh skor 3304 atau 75,1%, sedangkan gratification obtained memperoleh skor 3357 atau 76,3%. Ditemukan kepuasan paling tinggi yaitu kepuasan dalam mendapatkan informasi. Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Tribunnews.com, @Tribunnews, Uses and Gratification, Kepuasan Followers

Subjek

COMMUNICATION-MEDIA
 

Katalog

Kepuasan Followers Dalam Mengikuti Akun @tribunnews di Instagram (studi deskriptif pada followers akun instagram @tribunnews)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIVALDI SUKMA PINGGALA
Perorangan
ADI BAYU MAHADIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini